Logo
Tausiyah Mingguan, Kemenag Limapuluh Kota Gandeng SKPD - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Tausiyah Mingguan, Kemenag Limapuluh Kota Gandeng SKPD

lima puluh kota Jumat 27, Mei 2016 | 10:54:38 wib

Sarilamak, (Inmas) - Tausiyah setiap Jum’at pagi menjadi rutinitas hampir seluruh Kemenag Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Sama halnya dengan Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota. Namun ada gebrakan baru yang dirintis Kementerian Agama Limapuluh Kota melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) dalam kegiatan mingguan ini.

Semenjak tahun 2016 ini Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota bekerja sama dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Limapuluh Kota dalam memberikan pencerahan atau tausiyah. Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Limapuluh Kota H. Gusman Piliang mengatakan kerja sama yang telah kita rintis ini adalah dalam rangka ajang shilaturrahim dengan SKPD yang ada.

“Selain itu kita ingin saling berbagi informasi terkait dengan tupoksi yang ada di satker kita dengan tupoksi yang ada di satker mereka masing-masing. Sebagai masyarakat Limapuluh Kota tentunya kita tidak hanya berkutat dengan tupoksi yang kita emban, tapi kita juga harus mengetahui sedikit banyaknya apa yang menjadi tupoksi SKPD lain, sehingga kita tidak tabu akan informasi diluar kemenag”, urai Gusman.

Putra Kubang ini juga berharap dari kegiatan ini kita bisa meluaskan sayap pengetahuan, bukan hanya ilmu agama tapi juga ilmu pengetahuan umum yang akan kita hadapi dalam birokrasi pemerintahan.

"Jangan malu untuk bertanya karena ilmu yang kita dapatkan juga akan berguna bagi masyarakat dilingkungan sekita kita", tutup Gusman.

Hadir sebagai  penceramah pada Jum’at ini (27/05) Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Limapuluh Kota diwakili Hakim DR. Muhammad Fauzan. Bertempat di Mushalla Amanah Kemenag, Ikhlas menjadi Topik pembahasan pria yang juga pernah menjadi hakim di Medan ini.

Ia menguarai Ikhlas adalah menyandarkan segala gerak gerik dan tingkah laku hanya semata kepada Allah. Bila Allah tidak lagi jadi sandaran dalam berbuat maka segala macam sifat pengingkaran akan menggerogoti hati manusia. Berpijak kepada AL Qur’an dan Hadits maka tidak ada dalih yang bisa dijadikan alasan untuk tidak taat kepada Allah dan RasulNya.

Dipenghujung tausiyah Fauzan membuka sesi tanya jawab seputar tupoksi di Pengadilan Agama. Antusias ASN Kemenag sangat terlihat saat banyak pertanyaan bermunculan. Pembahasan masalah adopsi anak, Isbat Nikah, Sidang perceraian dan berbagai masalah lain yang menjadi gawe Pengadilan Agama menjadi diskusi hangat dan suguhan renyah. Karena dari beberapa pertanyaan ada ilmu-ilmu baru bagi ASN Kemenag Limapuluh Kota.(Nina)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW