Logo
Prestasi Fenomenal Kemenag Untuk Peningkatan Kinerja - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Prestasi Fenomenal Kemenag Untuk Peningkatan Kinerja

H. M. Rifki Rabu 30, Agustus 2017 | 09:32:23 wib

Jakarta, (Inmas) - Kementerian Agama meraih prestasi fenomenal pada pelaksanaan program dan anggaran 2016. Ada 3 prestasi fenomenal yang belum pernah terjadi selama ini. Ketiga hal tersebut adalah penyerapan aanggaran Kemenag tahun 2016 terbaik dua nasional, kemudian kemenag kembali meraih prediket WTP serta penilaian LAKIP kemenag yang mencapai 68,14 %. 

Ketiga prestasi fenomenal tersebut, berimbas kepada peningkatan image positif kemenag, disamping menjadi suatu keniscayaan untuk berbuat lebih baik di tahun mendatang. Hal tersebut di ungkapkan sekjen Kemenag RI Prof. Nursyam di dampingi Kapus KUB Ferimeldi PHd, sewaktu membuka kegiatan Penyusunan dan Evaluasi Program Kerukunan Umat Beragama di Hotel Arya Duta Jakarta, Selasa malam, 29/8.

Lebih lanjut Sekjen Nursyam mengingatkan, bahwa penyerapan anggaran kemenag di tahun 2016 mencapai 93,55 %, peringkat kedua di bawah kepolisian RI.  “Strategi yang sama akan kita berlakukan yakni seluruh satker kemenag se indonesia, mesti menyusun matrik serapan anggaran pada tiga kategori,

Pertama, mana program dan anggaran yang telah terlaksana, kedua, mana program dan anggaran yang bisa dan akan di realisasikan serta ketiga, mana kegiatan yang tidak mungkin di realisasikan, agar kemenag bisa menyusun langkah penyerapan anggaran berikutnya”. Kata Nursyam.

Sekjen Nurysam berharap, Aparatur kemenag mesti berupaya mempertahankan  prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan anggaran tahun 2016, jangan sampai kita kembali ke WTP DPP atau bahkan lebih rendah. 

Mencermati hasil penilaian LAKIP tahun 2016 menimbulkan harapan dan tantangan bagi kemenag. 

Aparatur Kemenag berpeluang mendapatkan tunjangan kinerja mencapai 70 %, tetapi prestasi tersebut juga menyebabkan timbulnya kekhawatiran dalam hal menjawab standarisasi pemenuhan Tukin tersebut. ASN mesti melengkapi laporan kinerjanya dalam bentuk laporan harian, bulanan dan laporan kinerja evaluasi pimpinan.

Saat ini, kemenag sedang mempersiapkan Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (SIEKA), dalam rangka mempersiapkan sarana penunjang bagi ASN dalam melancarkan proses pelaporan kinerja masing masing ASN, agar tunjangan kinerja ASN berbanding lurus dengan prestasi kinerja pegawai,. Demikian papar Nursyam mengakhiri. (Rifki) 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW