Logo
Mendarat di BIM, Jamaah Haji Kloter I Sumbar Disambut Wagub - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Mendarat di BIM, Jamaah Haji Kloter I Sumbar Disambut Wagub

adminrina Kamis 07, September 2017 | 14:42:19 wib

Padang, Inmas—Jamaah haji Kloter I Debarkasi Padang yang bertolak dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pukul 21.25 WIB tadi malam telah mendarat di Bandara International Minagkabau (BIM) tadi pagi, Kamis (7/9) pukul 06.25 WIB. Kedatangan jamaah haji ini disambut Wakil Gubernur Sumbar H. Nasul Abit bersama Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman bersama jajarannya.

Jamaah Kloter I Debarkasi Padang ini, jamaah Indonesia ke dua yang tiba di Tanah Air setelah Debarkasi Pondok Gede yang mendarat dini hari tadi pukul 02.00 WIB. Jamaah Kloter I ini berasal dari Kota Padang, berjumlah 392 orang ditambah 5 petugas. Jamaah Kloter I yang berangkat ke tanah suci berjumlah  388 orang, 1 orang wafat di tanah suci. Ketika pulang ke tanah air ditambah 5 jamaah tanazul (pindah) dari Kloter lain.

Pembimbing ibadah, H. Hendri Panidias ditemui ketika turun dari pesawat menyampaikan, jamaah kloter I pulang dalam keadaan sehat walafiat.  “Alhamdulillah, jamaah Kloter I Debarkasi Padang telah mendarat dengan selamat. Semua dalam keadaan sehat walafiat, walaupun ada beberapa orang kesehatannya menurun ini disebabkan kelelahan, secara keseluruhan mereka dalam keadaan baik”, terang Hendri Panidias.

Hendri Panidis, Kasi pada Bidang Penmad ini juga menerangkan 1 orang jamaah yang dibimbingnya mengalami luka bakar di bagian telapak kakinya akibat panasnya cuaca di tanah suci. Beliau dibantu petugas kesehatan menggunakan ambulance menuju asrama haji tabing padang selanjutnya diberikan perawatan di klinik asrama haji. Sementara sembilan jamaah haji kita menggunakan kursi roda, ungkap Hendri Panidias.

Sementara Wagub bersama Kakanwil yang menyambut langsung jamaah dari tangga pesawat, mengucapkan selamat kepada setiap jamaah yang disalaminya karena telah selamat tiba di Ranah Minang. Sesekali terliha Kakanwil mengecek kondisi jamaah kepada tim kesehatan yang ikut menjemput jamaah ke tangga pesawat.

Dari Bandara International Minangkabau, jamaah langsung dibawa ke Asrama Haji Debarkasi Tabing, Padang. Setiba di Asrama haji, suhu tubuh jamaah dicek melalui Thermal Scanner (alat pemindai suhu tubuh) yang dilakukan tim kesehatan PPIH. Hal ini bertujuan mendeteksi virus yang dibawa jamaah haji dari tanah suci.

Selanjutnya, jamaah haji mengikuti acara penyambutan dan serahterima dari petugas kloter ke Pemprov Sumbar, untuk diserahkan ke panitia dan pemerinta kabupaten/kota asal jamaah haji. RinaRisna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW