Logo
Manfaatkan Pekarangan Kosong, Walimurid RA Taslim Tanam Ketela Pohon - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Manfaatkan Pekarangan Kosong, Walimurid RA Taslim Tanam Ketela Pohon

payakumbuh Minggu 10, September 2017 | 00:33:16 wib

Payakumbuh, Inmas--Berdasarkan hasil rapat antara Kepala RA Taslim, Nurmaita dengan 46 walimurid beberapa hari lalu, disepakati lahan pekarangan RA Taslim yang terletak di Kelurahan Padang Karambia, masih kosong dan mulai ditumbuhi rumput liar akan dimanfaatkan untuk tanaman produktif.

Setelah mendapatkan persetujuan dari Ketua Yayasan RA. Taslim, majlis guru bersama walimurid langsung menggelar gotong royong untuk merambah dan membersihkan lahan yang rencananya akan ditanami ketela pohon.

Sebagaimana yang terlihat pagi ini, majlis guru dan walimurid giat melakukan pembersihan pekarangan. Tampak walimurid yang laki-laki memangkas dan menebang kayu liar yang tumbuh dan dimanfaatkan untuk pagar tanaman. Sementara ibu-ibu tampak menyabit rumput, menyapu serta membakar sampah.

Dijumpai di lokasi goro, Ahad (10/09/2017). Kepala RA Taslim, Nurmaita yang didampingi majlis menyampaikan terima kasih atas kebersamaan ini, khususnya kepada Ketua yayasan yang telah memberikan izin.

"Kebersamaan yang harmonis tergambar dalam goro menanam ketela pohon pagi ini, sejak kemaren kami telah laksanakan pembersihan lahan dan hari ini kita akan bercocok tanam. Terkait snak dan minum itu juga kita siapkan secara bersama. Mumpung lagi libur, para guru sibuk membuat kopi, teh dan merebus ubi, walaupun sudah ada snak ringan yang disumbangkan ketua yayasan dan walimurid. Pokoknya kita bertanam sambil bercanda. Bibit ketela pohon berasal dari sumbangan salah seorang walimurid kita bernama Milda, sayangnya tidak dapat hadir dalam goro kali ini," terang Nurmaita.

Salah seorang walimurid, Karmelia, memiliki anak kembar yang sekolah di RA Taslim mengungkapkan, "goro ini merupakan wadah untuk saling kenal dan silaturrahim sesama walimurid. Maklum masih tahun ajaran baru banyak yang tidak saling kenal," ujarnya.

Ditambahkan rekannya, "kelak kalau sudah mau dipanen, kami siap menampung, " guyon Mama Amel sang pengusaha keripik balado.

Pemandangan ini mendapatkan apresiasi dari Ketua Yayasan RA. Taslim, Z. Dt. Panduko Sati yang keseharian berprofesi sebagai pedagang.

"Kami sangat bersyukur dan setuju lahan kosong tersebut ditanami majlis guru bersama walimurid ketela pohon, semoga bermanfaat bagi RA. Berhubung kami tidak dapat hadir, kami hanya titip dana pembeli makanan ala kadarnya. Pertemuan dan berkumpul-kumpul ini saangat berpengaruh positif dalam rangka sinergitas antara pihak yayasan, majlis guru dan walimurid. Semoga kegiatan ini terus dipupuk dan dipertahankan. Kami bangga sekali," ucap tokoh adat Kelurahan Padang Karambia ini.

Hari mulai berangsur siang dan terik matahari mulai menyengat, kegiatan goro bertanam ketela pohon siang ini ditutup dengan makan bersama. (ul/Rina)

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW