Logo
Berselang Satu Jam Setelah Kloter V Take Off, Kloter VI Mendarat Pukul 2.25 Dini Hari - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Berselang Satu Jam Setelah Kloter V Take Off, Kloter VI Mendarat Pukul 2.25 Dini Hari

adminrina Kamis 14, September 2017 | 12:40:39 wib

Padang, Inmas—Enam dari 17 Kloter jamaah haji Debarkasi Haji Padang telah tiba di Tanah Air. Tiga kloter diantaranya jamaah dari Provinsi Bengkulu (Debarkasi Antara) dan tiga kloter berasal dari Sumatera Barat. Jumlah jamaah haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 2.335 orang. Sementara jamaah haji yang wafat di tanah suci berjumlah 15 orang.

Jarak kedatangan jamaah Kloter V (Bengkulu) dan Kloter VI (Sumbar) tidak begtu jauh. Setelah mendarat pukul 18.56 WIB di BIM dan menyelesaikan proses imigrasi, 388 jamaah bengkulu ini diterbangkan ke Bengkulu dalam tiga penerbangan. Pesawat terakhir take off pukul 01.00 WIB dini hari, Rabu (13/9). Hanya berselang satu jam lebih, Kloter VI mendarat pukul 2.25 WIB.

Kedatangan jamaah Kloter VI (jamaah Pasaman Barat dan Padang) disambut Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Salman bersama Plt. Kabid PHU, H. Syamsuir, Plt Kakan Kemenag Pasaman Barat H. Maswar dan Bupati Pasaman Barat Sahiran. Jamaah Kloter VI yang berjumlah 392 ini dipimpin Ketua Kloter H. Idrial (Kasubbag TU Kemenag Bukittinggi) dan Pembmbing Ibadah H. Adrinovian bersama satu dokter dan dua tim medis.

H. Idrial ketika ditanya turun dari pesawat garuda menjelaskan, semua jamaahnya 388 orang ditambah 4 orang tanazul (pindah) dalam kondisi sehat. “Alhamdulillah sampai mendarat di BIM ini kondisi jamaah semua dalam keadaan baik. Walaupun sebagian besar mengalami batuk dan flu. Dan alhamdulillah jamaah kloter VI pulang lengkap tidak ada yang meninggal di Tanah Suci dan tidak ada yang dirawat selama berada di tanah suci”, terang Idrial didampingi Adrinoviyan.

Setelah proses imigrasi di BIM jamaah dibawa ke Asrama dengan bus pariwisata untuk mengikuti acara penyambutan dan serahterima dengan panitia daerah asal jamaah haji. Karena berdekatan dengan waktu subuh, acara serahterima dilaksanakan setelah jamaah melaksanakan shalat subuh di Aula kedatangan karena masjid asrama haji dalam masa rehabilitasi.

Mewakili Gubernur, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman selalu memotovasi jamaah yang tiba di tanah air. “Kami tahu bagaimana perasaan bapak dan ibu jamaah, walaupun fisik/badannya disini tapi hati bapak dan ibu sudah berada di rumah. Rindu ingin bertemu sanak keluarga. Namun ini juga ujian kesabaran bagi kita semua. Karena masih ada beberapa kegiatan yang harus diikuti”, kata Kakanwil memotivasi jamaah.

“Setelah bapak dan ibu sampai di kampung halaman tetaplah memeriksa kesehatan ke puskesmas terdekat. Karena 14 hari setelah bapak dan ibu sampai di rumah pemerintah masih memberikan jaminan kesehatan untuk jamaah haji. Kami mendoakan bapak dan ibu meraih prediket haji mabrur dan menjadi tauladan di tengah keluarga dan masyarakat”, harapan Kakanwil kepada Jamaah. RinaRisna

 

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW