Logo
Semarakkan Tahun Baru Islam, Madrasah Gelar Beragam Kegiatan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Semarakkan Tahun Baru Islam, Madrasah Gelar Beragam Kegiatan

agam Selasa 26, September 2017 | 15:03:01 wib

Agam (Inmas) -- Momen pergantian Tahun baru Islam dimanfaatkan dengan baik oleh Madrasah-madrasah yang ada di Kabupaten Agam. Selain untuk Menyemarakkan Tahun Baru Islam, peringatan Muharram bertujuan untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan generasi muda Islam kepada agama dan budayanya sendiri. Salah satu contohnya MAN 1 Agam (MAN Maninjau). Pada Sabtu (23/09) Pihak Madrasah gelar Festival Muharram dalam bentuk perlombaan keagamaan antar MTs/SMP se Agam Wilayah Barat. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Agam H. Hendri, S. Ag, M. Pd.

Dalam sambutannya H. Hendri menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan di MAN tertua di Agam tersebut. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan dari masa ke masa untuk lebih mendekatkan generasi muda Muslim dengan agama dan budayanya sendiri, pinta Hendri.

Dari kegiatan tersebut, SMP Muhammadiyah Bayur keluar sebagai juara 1 pada cabang MSQ disusul MTSS Maninjau dan MTSS Adat Syara’ Matua Mudiak. Sementara pada cabang Cerdas Cermat terbaik satu diraih Tim Ponpes Hamka disusul MTS Muhammadiyah Sungai Batang dan Ponpes Nurul Huda Siguhung.

Ketua Panitia Kegiatan M. Syukur, S. Pd. I menyampaikan bahwa kegiatan semarak Muharram 1439 Hijriyah diikuti 16 Madrasah dan Sekolah dengan rincian 13 MTs/Ponpes dan 3 SMP yang kesemuanya berasal dari Kecamatan-kecamatan di Wilayah Agam bagian Barat.

Selain di MAN 1 Agam, kegiatan yang hampir serupa juga dilaksanakan di MTSN Penampung, MTSs Darul Makmur, MIN Gumarang, MIN Surau Lubuk, MIN Bawan serta Madrasah lainnya yang cukup banyak jumlahnya di Kabupaten Agam. Alwi|MIra

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW