Logo
Kemenag Lima Puluh Kota Luncurkan Layanan Haji Satu Pintu - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kemenag Lima Puluh Kota Luncurkan Layanan Haji Satu Pintu

lima puluh kota Kamis 28, September 2017 | 14:56:43 wib

Sarilamak (Inmas)-Deru inovasi seakan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari eksistensi Kementerian Agama Lima Puluh Kota. Bertempat di aula Kemenag Lima Puluh Kota (28/09) meluncurkan Layanan Pendaftaran Haji Satu Pintu. Acara peluncuran dihadiri oleh Dr.Maryanti mewakil Kepala Pusdiklat Kemenag RI, Kakanwil Kemenag Sumatera Barat, Bupati Lima Puluh Kota, Pimpinan Forkopimda, Kepala SKPD, Kakan Kemenag Kab/kota se-Sumatera Barat Pimpinan Bank Pemerima Setoran Haji (BPS), Pimpinan ormas dan pejabat struktural serta fungsional dilingkungan Kemenag Lima Puluh Kota.

H.Ramza Husmen Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam sambutanya menjelaskan, bahwa ide proyek perubahan ini merupakan bagian dari ikhtiar Kemenag Lima Puluh Kota dalam mewujudkan layanan haji yang mudah dijangkau oleh masyarakat. “Jadi niat awal munculnya layanan haji satu pintu ini murni untuk memudahkan masyarakat dalam menunaikan niat suci  berhaji”. Semangat awal tersebut semakin membuncah ketika proyek perubahan ini, saya jadikan Rancangan Proyek Perubahan (RPP) dalam kegiatan Diklatpim III”. Sekali dayung dua tiga pulau terlampu, program inovasi dapat berjalan dengan baik, sekaligus menjadi bagain dari kegiatan Diklatpim III, ujar Putra Kamang ini.

Disisi lain Ramza menyampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada seluruh pihak, mulai dari Pusdiklat Kemenag RI, Kakanwil dan jajaran, para stakeholder Kemenag lainya yang telah memberikan dukungan terhadap proyek perubahan ini. "Ucapan yang sama saya sampaikan kepada Pemerintah Daerah mulai dari Bupati, Wakil Bupati Pimpinan dan Anggota DPRD, para pimpinan SKPD yang telah memberikan dukungan moral dan materil bagi suksesnya program ini. Apresiasi khusus saya sampaikan kepada seluruh Tim Efektif yang menjadi rahim kelahiran proyek perubahan ini, tanpa dukungan tim efektif maka program ini tidak akan pernah terwujud ", simpul Ramza.

H.Irfendi Arbi Bupati Lima Puluh Kota dalam amatnya menyampaikan rasa bangga dengan berbagai terebosan serta inovasi yang dilakukan Kemenag Lima Puluh Kota dibawah kepemimpinan H.Ramza Husmen, “Saya bangga layanan haji satu pintu ini merupakan inovasi jenius yang dilakukan oleh Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat”. Atas nama Pemerintah Daerah saya sampaikan apresiasi kepada keluarga besar Kemenag Lima Puluh Kota. Alumnus Fakultas Pertanian ini melanjutkan, “Kemenag merupakan rumah bagi kita semua untuk kembali”, di Kemenag kita harus terus tumbuh kembangkan ide-ide pembaharuan dalam upaya mewujudkan visi dan misi daerah yang religius.

Bupati mudah senyum ini melanjutkan, pemerintah secara umum saat ini dituntut untuk terus melakukan berbagai terobosan program yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat. Kita harus paham masyarakat membutuhkan layanan pemerintah,dengan standar layanan prima, mudah, cepat dan tentunya efisien. Apa yang dilakukan Kemenag hari ini merupakan satu terobosan yang harus menjadi inspirasi bagi kita semua. Melalui momentum strategis ini saya mengajak kita semua untuk terus menumbuh kembangan semangat berinovasi, pungkas Bupati.

Kakanwil Kemenag Sumatera Barat yang diwakili oleh H.Syamsuir  menyampaikan program yang diluncurkan Kemenag Lima Puluh Kota tentang Pelayanan Haji Satu Pintu merupakan satu langkah maju dan yang pertama ada di jajaran Kanwil Kemenag Sumbar. Oleh sebab itu saya atas nama Kakanwil Kemenag Sumbar memberikan apresiasi sekaligus berkomitmen untuk terus memberikan dukungan agar program ini dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapakan. Sebagai sebuah terobosan tentu proyek ini memerlukan evaluasi preodik untuk dapat dikembangkan kemasa yang akan datang.

“Mudah-mudahan keluarga besar Kemenag Lima Puluh Kota tidak cepat merasa puas dengan capain spetakuler hari ini, saya berharap mari kita jadikan momentum ini untuk terus melahirkan kreasi serta terobosan bagi memastikan layanan penyelenggaraan haji dapat kita tingkat secara terus menerus, simpul Kakanwil.

Senada dengan itu Maryenti yang mewakili Kepala Pusdiklat Kemenag RI menyampaikan, bahwa perubahan pola Diklatpim dari yang lama kepola baru menuntut seluruh peserta untuk membuat sebuah rancangan proyek perubahan. Rancangan proyek tersebut tidak hanya sebatas teori tapi harus mampu diwujudkan secara nyata lanjut Widyaswara ini.

Sejauh pengetahuan saya dari sekian banyak peserta diklatpim III angkatan 51 tahun 2017 proyek perubahan yang dimotori oleh Ramza Husmen merupakan yang perdana dapat diresmikan. Mudah-mudahan peresmian ini tidak menjadi akhir dari rancangan proyek perubahan yang telah ditetapkan. Atas nama Kepala Pusdiklat Kemenag RI saya sampaikan selamat dan sukses untuk keluarga besar Kemang Lima Puluh Kota, tutup perempuan bersahaja ini. (APP)|Mira

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW