Logo
Sambut Hari Santri Nasional, PAKIS CUP Perdana Sukses Digelar - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Sambut Hari Santri Nasional, PAKIS CUP Perdana Sukses Digelar

Efrian Jumat 06, Oktober 2017 | 17:55:05 wib

Padang, (Inmas) - Menyambut peringatan puncak Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober nanti, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat menggelar berbagai macam ajang lomba. Diadakan selama 3 hari ( 4 hingga 6 Oktober 2017), Bidang yang dikepalai oleh H. Kardinal ini mengadakan lomba Sepak Takraw, Badminton PAKIS CUP I, Tenis Lapangan Eksekutif dan lomba merangkai bunga.

Dari cabang badminton yang diselenggarakan sejak Rabu kemaren, hari ini Jum’at (6/10) PAKIS CUP yang kali Perdana digelar ini mempertemukan pasangan M. Ridho/ M. Naser melawan pasangan Yudhi Hidayat/Hami Mulyawan di partai final. Bertarung selama tiga hari berturut-turut, masing – masing pasangan berhasil menyisihkan lawan-lawannya  pada partai sebelumnya.

Partai pucak ini berhasil menyita perhatian hampir seluruh staf di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar. Ini terlihat dari penuh sesaknya hall badminton kebanggaan Kanwil Kemenag Sumbar oleh staf Kanwil Kemenag Sumbar. Masing – masing pasangan juga menampilkan permainan yang apik, menarik dan penuh emosi. Pasangan Hami M/Yudhi H yang dari bidang Penyelenggara Haji dan Umrah didukung penuh oleh Kepala Bidang PHU H. Afrijal dan Stafnya. Sementara Pasangan M. Riho/M. Naser yang dari sekretariat juga tampak terlihat didukung Plt. Kepala Bidang Tata Usaha H. Idris Nazar dari sisi lapangan.

Kejar mengejar angka terjadi sejak awal pertandingan pamungkas yang dipimpin wasit pertandingan H. Zilawadi ini digelar. Namun pasangan Hami/Yudhi sukses memenangkan set pertama 15-13. Pada set kedua, pasangan M. Ridho/M. Naser mulai meningkatkan pola serangan. Hal ini berlanjut hingga pasangan ini memenangkan set kedua 15 - 9 hingga memaksa terjadinya rubber set. Pada set ketiga, pasangan Hami M/Yudhi H yang mulai kehabisan tenaga harus mengakui ketangguhan lawannya. Pasangan M. Ridho/ M. Naser berhasil merebut set ketiga dengan skor 15-9. Dengan keberhasilan ini, pasangan M. Ridho/M. Naser berhasil meraih juara I dan mendapatkan trophy serta uang pembinaan yang telah disiapkan panitia. Pasangan Hami M./Yudhi H. yang berhasil meraih juara II mendapatkan trophy serta bingkisan. Pada partai perebutan juara III, pasangan Novi Hendra/Zul Azmi berhasil mengalahkan pasangan Afrizal/Zulfami juga dengan rubber set.

Menurut Ketua Panitia Afrizal, pertandingan PAKIS CUP I ini sudah dipersiapkan semenjak jauh – jauh hari sebagai ajang silaturahmi antar staf di lingkungan Kanwil. “Tentunya didukung penuh oleh Kepala Bidang PAKIS H. Kardinal, PAKIS CUP I ini kita selenggarakan untuk meningkatkan silaturrahmi antar pegawai Kanwil Kemenag Sumbar dengan menggelar berbagai macam ajang perlombaan dengan menjunjung tinggi sportivitas”, papar Afrizal.

Semantara itu, Kepala Bidang PAKIS H. Kardinal yang ditanya usai partai final PAKIS CUP I ini mengungkapkan bahwa dengan PAKIS CUP I ini diharapkan bisa memeriahkan Hari Santri Nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden RI pada 22 Oktober 2015 yang lalu. “Kita berharap pada tahun berikutnya, ajang PAKIS CUP dan perlombaan lain bukan hanya di lingkup Kanwil Kemenag Sumbar saja, tapi juga bisa diikuti oleh seluruh staf di seluruh satker Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat. Tentunya dengan persiapan anggaran dan perencanaan yang matang mudah-mudahan hal ini bisa terlaksana”, ungkap Kardinal.

Penyerahan hadiah dilaksanakan usai pertandingan final oleh Kepala Bidang PAKIS H. Kardinal, Plt. Kabag TU H. Idris Nazar dan Kepala Bidang PHU H. Afrijal yang menyaksikan langsung partai pamungkas ini.

Sementara itu, pada cabang Sepak takraw yang telah diselenggarakan Rabu (4/10) lalu, Bidang PHU yang dimotori oleh H. Ufrizaldi-Hami Mulyawan dan Al Fajri sukses meraih juara I usai mengalahkan Bidang PenaisZawa yang dimotori oleh H. Dafril, H. Eri Iswandai dan Fadhli Pohan pada partai puncak. Menurut ketua panitia Afrizal, untuk cabang lomba tenis lapangan eksekutif dan lomba merangkai bunga akan diadakan usai pelaksanaan PENTAS PAI tingkat nasional yang menurut rencana akan diadakan di provinsi Nangroe Aceh Darussalam Senin mendatang. (ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW