Logo
Optimalisasi Peran Penyuluh Menghadapi Tantangan Kedepan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Optimalisasi Peran Penyuluh Menghadapi Tantangan Kedepan

Emi Ratna Aprilana Kamis 12, Oktober 2017 | 09:10:48 wib

Padang Panjang, Inmas--Kementerian Agama Kota Padang Panjang dikunjungi tim monitoring dan evaluasi dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat diketuai H. Syafrizal. Dalam Kesempatan itu, juga digelar pembinaan penyuluh di Aula Kemenag diikuti 24 Penyuluh terdiri dari 8 Penyuluh PNS dan 16 Penyuluh Non PNS, Rabu (11/10).

H. Syafrizal selaku Kepala Seksi Penerangan dan Penyuluhan Agama Islam memaparkan tentang pengembangan fungsi Penyuluh Agama Islam diantaranya pertama, fungsi normatif dan edukatif yakni penyuluh Agama Islam memposisikan sebagai da’i yang berkewajiban menda’wahkan Islam, menyampaikan penerangan agama dan mendidik masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai ajaran agama. Kedua, Fungsi konsultatif yaitu penyuluh menyediakan dirinya untuk turut memikirkan dan memecahkan persoalan yang dihadapi masyarakat. Ketiga fungsi advokasi yaitu penyuluh memiliki tanggung jawab moral dan sosial untuk pembelaan umat atas kegiatan yang mengganggu ibadah dan merusak akhlak.

H. Afrizal juga membahas mengenai kompetensi penyuluh yang harus terus ditingkatkan melalui sistem E-kinerja penyuluh. Para penyuluh harus mampu menjawab tantangan kedepan. Setidaknya ada beberapa tantangan penyuluh agama diantaranya perubahan perilaku masyarakat dari akibat perkembangan iptek, tantangan dalam mengatasi problem moralitas.  Jadi untuk hadapi tantangan ini penyuluh harus memiliki kompetensi substantif, metodologis, sosial dan personal. Sehingga perlu dilakukan revitalisasi penyuluh dengan cara proses pendidikan dan pelatihan secara berjenjang dan berkesinambungan. Pendidikan dan pembinaan dilakukan untuk penguatan kompetensi para penyuluh sehingga optimalisasi peran penyuluh dalam bimbingan dan penyuluhan bagi umat.

Pembinaan juga diselingi dengan diskusi antara penyuluh dengan H. Syafrizal. Para penyuluh PNS dan Non PNS tampak antusias. Tampak hadir H. Suarman Kasi Bimas mendampingi  tim monitoring. Senada dengan Kasi Penais, H. Suarman mengharapkan melalui pembinaan ini penyuluh kian profesional dan bekerja sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. (emie)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW