Logo
Perencanaan Anggaran Menentukan Kesuksesan Program Kedepan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Perencanaan Anggaran Menentukan Kesuksesan Program Kedepan

Dewi Kamis 19, Oktober 2017 | 19:51:57 wib

Padang, (Inmas)--Menyusun anggaran menjadi hal penting dalam sebuah proses perencanaan suatu program untuk periode tahun berikutnya. Siapnya dokumen anggaran tahun 2018 yang akuntabel dan tepat sasaran serta tersusunnya dokumen perencanaan dan penganggaran yang baik sesuai dengan urutan prioritas dan sesuai kebutuhan masing masing satuan kerja menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan dan Penelaahan RKAKL tahun 2018 oleh Sub Bagian Perencana dan Keuangan Kantor Wilayah KEmenterian Agama Provinsi Sumatera Barat betempat di Hotel Rocky Padang.

Berdasarkan laporan panitia disampaikan Zulfahmi R, S. Sos bahwa kegiatan ini di ikuti oleh 60 orang peserta terdiri dari Kasubbag TU, kPerencana dan Pengelola Keuangan RKAKL pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Kab/ Kota se Sumatera Barat dan KAsubbag serta pengelola RKAKL pada Bidang, Sekretariat dan Bimas Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.

Zulfahmi menambahkan kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 19 s.d 20 Oktober 2017 ini dimaksudkan agar peserta dapat menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran dengan baik serta mengkonsultasikan dengan atasannya apabila terjadi perubahan dengan maksud supaya tidak terjadi revisi pada awal tahun atau pada tahun anggaran berjalan. 

Senada disampaikan H. Syamsuir, S. Ag. M. SI Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya bahwa kegiatan ini sangat penting demi melahirkan program program yang strategis dan merupakan salah satu strategi dalam menghindari revisi anggaran yang dapat membuat serapan anggaran menjadi lambat.

"Maksimalkan usaha pada kesempatan awal ini, agar nantinya tidak ada perobahan ditengah jalan", ujar Syamsuir.

Syamsuir menambahkan, kegiatan ini akan mengupas secara keseluruhan kendala kendala yang ditemui dalam proses penyusunan dan penelaahan anggaran serta hal hal yang menyangkut dan prinsip di daerah Kab/Kota yang dapat mengganggu proses penyusunan anggaran, untuk itu perbanyaklah diskusi. 

Diakhir sambutannya Syamsuir berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga melahirkan program program terbaru dan masuk akal yang berpihak pada pendidikan dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. [DW]

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW