Logo
MIN Gulai Bancah Bukittinggi Bentuk Karakter Siswa dengan Shalat Dhuha - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MIN Gulai Bancah Bukittinggi Bentuk Karakter Siswa dengan Shalat Dhuha

bukittinggi Jumat 20, Oktober 2017 | 09:06:52 wib

Bukittinggi (Inmas)--Shalat Dhuha berjama’ah merupakan rutinitas yang dilaksanakan setiap selasa, Rabu dan Kamis pagi sebelum memulai pelajaran bagi siswa MIN Gulai Bancah Kota Bukittinggi. Seperti yang terpantau Humas, Kamis (19/10/2017) bertempat di Ruangan Terbuka MTsN 1.

Kepala MIN Gulai Bancah Kota Bukittinggi, Elvi Rahmi mengatakan sebelum memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), siswa-siswi dibiasakan untuk membaca Do’a-Do’a dan dilanjutkan dengan shalat Dhuha berjamaah. Dengan dituntun dan diawasi para guru-guru mulai mengambil air wudhu secara tertib dan bergantian dengan memilih salah satu siswa untuk menjadi imam kemudian siswa melaksanakan shalat dhuha berjama’ah dengan tertib.

“Tak lupa setelah melaksanakan shalat dhuha berjama’ah para siswa dan guru berdo’a bersama-sama agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam  Proses belajar mengajar”, tutur Elvirahmi

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi saat ditemui sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Shalat Dhuha berjama’ah merupakan salah satu cara untuk menciptakan siswa berkarakter dengan sejak dini menerapkan disiplin melalui shalat duha berjama’ah. Kita juga berharap kalau sedari kecil anak-anak sudah dibiasakan untuk melaksanakan nya sudah besar nanti mereka akan tetap melaksanakan kebiasaannya tersebut”, kata Abrar

Lanjut Abrar, kemampuan orang tua untuk mendidik anaknya menjadi saleh tentulah terbatas. Karena itu, orang tua juga memberi amanah kepada guru di sekolah untuk dapat mewujudkan harapan tersebut. Selaku penerima amanah, guru di sekolah sejatinya memiliki program yang mendukung untuk terbentuknya kepribadian peserta didik yang saleh.

Di antara program yang patut dilakukan pendidikan karakter, itu harus dilakukan dan dibiasakan oleh orang tua di rumah termasuk guru di lingkungan sekolah”, tutupnya (syafrial/Rina)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW