Logo
Dalam rangka pelaksanaan HAB 72 Kemenag Solok selatan bertekad sukseskan Zona III - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Dalam rangka pelaksanaan HAB 72 Kemenag Solok selatan bertekad sukseskan Zona III

solok selatan Senin 20, November 2017 | 13:32:55 wib

Padang Aro, (Inmas)--Kementerian agama Kab. Solok Selatan disepakati secara aklamasi sebagai tuan rumah penyelenggaran Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian agama tahun 2017 untuk zona III pada Rapat pelaksanaan Zona III di Kabupaten sijunjung tahun silam.

Sebagaimana diketahui dalam memeriahkan HAB di Prov. Sumatera Barat dibagi dalam tiga zona daerah. Maka Solok Selatan bersama 6 kabupaten lainnya yang berdekatan berada dalam zona III yaitu Kab. Solok, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kab. Sijunjung, Kab. Dharmasraya, dan Kab. Tanah Datar. Zona III ini akan menyelenggarakan serangkaian olah raga persahabatan. Khusus tahun ini ada 4 jenis lomba yang akan dipertandingkan: lomba bulutangkis, volley ball, Tennis meja dan sepak Takraw. keempat cabang lomba olah aga ini diperkirakan akan diikuti oleh 70 orang atlet dan Offecial dari masing-masing Kabupaten kota peserta zona III.
 

Afdhal Dhinil Haq yang ditunjuk sebagai sekretaris Panitia lomba menjelaskan bahwa Penyelenggaraan lomba ini ditujukan untuk memeriahkan Hari Amal Bhakti Kemenerian Agama yang ke 72, mempererat silaturrahmi dalam bentuk pertandingan olahraga. Sengaja dipilihkan olahraganya yang tidak bersinggungan badan sebagai mana Futsal dan bola kaki. Karena keempat olah raga diatas dibatasi oleh jarring atau net sehingga tidak ada kemungkinan yang menimbulkan gesekan antar pemain. Kalaupun hadiahnya tidak ada namun yang namanya pertandingan pasti menimbulkan ego ingin menang, “semoga dengan memilihkan 4 pertandingan ini tidak akan menimbulkan perlombaan yang menimbulkan perselisihan”. Katanya menjelaskan.
 

Kab. Solok selatan sebagai tuan rumah bertekat untuk mensukseskan acara ini. Berbagai rapat-rapat persiapan telah dilakukan, penentuan lapangan pertandingan, tempat acara pembukaan, konsumsi tamu dan undangan, penginapan peserta,  dll. Telah dibahas berkali-kali agar penyelenggaran olah raga persahabatan ini berjalan dengan baik dan menyenangkan.  Lapangan Pondok Pesantren Bustanul Huda Malus diencanakan sebagai lapangan pembukaan acara dan dilanjutkan dengan pertandingan Takraw di lokasi itu juga, selanjutnya Voly Ball di Lapangan Kemenag Kab. Solok selatan , Bulu Tangkis di Hall sikinjang atau Hall Padang Aro, sementara Tennis meja dilaksanakan di  Aula Quwwatul Ummah Kemenag Kab. Solok selatan.


Dalam rapat terakhir yang dihadiri oleh utusan masing-masing Kabupaten dalam zona III telah dilakukan undian permainan untuk babak penyisishan, karena peserta hanya 7 Kabupaten/kota maka setiap cabang pertandingan ada yang langsung menang bye, menang tanpa bertanding karena ketidak adaan lawan tanding. Tapi yang jelas semuanya telah disepakati dengan system yang demikian. Pelaksanaan lomba yang hanya menghabiskan satu hari ini direncanakan dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2017 yang akan datang.

Pembukaan acara lomba diharapkan dapat dihadiri  oleh Bupati Solok selatan dan kakanwil Kemenag Prov. Sumatera Barat.  “Sehingga acara tersebut tidak hanya  menjadi acara canda ria belaka tetapi acara ini diharapkan mampu menyuguhkan acara  yang betul-betul berkelas dan berbobot.” kata Syaiful Anwar Kasubag TU Kemenag Ka. Solok selatan menegaskan.


Kakankemenag Kab. Solok selatan Drs. H. Syahrul juga tidak lupa menyampaikan harapannya kepada segenap Panitia agar pelaksanaan pertandingan olah raga persahabatan ini dilaksanakan dengan penuh kesungguhan. "Walaupun kegiatan ini merupakan olah raga persabahabatan yang namanya juri atau wasit harus diambil dari luar Kementerian Agama, agar tidak imbul kecurangan atau kecurigaan. Untuk wasit secara keseluruhan harus diambilkan dari Koni Kab. Solok selatan”. Katanya mantap.

Usai pertandingan ini nanti akan diserahkan piagam juara tanpa hadiah pendamping atau hadiah uang Pembinaan. Karena acara ini adalah acara pertandingan persahabatan. (Dolok)|Mira 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW