Logo
Pembangunan Gedung Baru KUA Talawi Hampir Rampung - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Pembangunan Gedung Baru KUA Talawi Hampir Rampung

sawahlunto Rabu 22, November 2017 | 16:08:00 wib

Sawahlunto, Inmas--Proyek pengerjaan pembangunan gedung baru Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Talawi melalui dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) hampir rampung. Hal itu dikemukakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) H. Zainul Arizal sewaktu dimintai keterangan di ruang kerjanya, Rabu (22/11).

Lebih lanjut ia menjelaskan, hingga kini perkembangan pelaksanaan pembangunan gedung tersebut sudah mencapai 75 Persen.

“Paling lambat akhir Desember gedung baru KUA Talawi sudah bisa difungsikan,” kata Zainul yang kini sedang menjabat Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto.

Ditambahkan pula, selama proses pembangunan berlangsung, Kemenag Kota Sawahlunto melibatkan konsultan perencana, konsultan pengawas maupun Dinas Pekerjaan Umum agar pekerjaan berjalan lancar serta sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Bahkan tidak hanya itu, Kemenag pun melibatkan tim pendampingan hukum dari Kejaksaan Negeri setempat.

Selain melibatkan pihak luar, sejumlah pejabat internal Kemenag seperti Kakan.Kemenag Kota Sawahlunto sendiri beserta pejabat terkait turut aktif mengawasi, memantau ke lapangan pengerjaan gedung baru KUA Kecamatan Talawi.

“Setiap minggu rutin kami lihat langsung ke lapangan pengerjaan gedung baru KUA Talawi,” ujar Zainul.

“Apabila dalam pengerjaan bangunan gedung KUA kurang sesuai, kami langsung menegur pihak rekanan dan memerintahkan mereka untuk memperbaiki secepat mungkin,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, dari 4 KUA yang ada di Kota Sawahlunto, satu-satunya KUA yang memiliki sertifikat tanah dan mendapat bantuan pembangunan gedung baru tahun ini adalah KUA Kecamatan Talawi, sementara KUA Lembah Segar, Kecamatan Barangin maupun Silungkang berada pada tanah berstatus hak pakai.

Terkait hal itu, PPK H.Zainul berharap, pembangunan berjalan lancar dan KUA Talawi nantinya dapat dijadikan sebagai pilot proyek Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani sekaligus menjadi contoh bagi KUA lain khususnya di Kota Sawahlunto. (f@hmi/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW