Logo
Bupati Pessel Inpektur Upacara HAB Kemenag di MAN 2 - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Bupati Pessel Inpektur Upacara HAB Kemenag di MAN 2

Afnizon Rabu 03, Januari 2018 | 11:02:33 wib

Painan (Inmas)--Upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-72 di Kabupaten Pesisir Selatan dipusatkan di halaman MAN 2 Pesisir Selatan, Rabu (3/1) berlangsung dengan khidmat. Bertindak selaku Pembina Upacara Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni.

Upacara diikuti seluruh ASN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, dan juga dihadiri Kepala OPD se Kabupaten Pesisir Selatan, dan unsur Muspida Kabupaten, Pengurus KKG, MGMP serta Guru PAI se Kabupaten Pesisir Selatan. Upacara ini juga dimeriahkan oleh penampilan marching band dari MAN 2 Pessel dan MAS Al Khasyaf Salido.

Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Agama RI, mengatakan, “hari ini, hari paling membanggakan bagi keluarga besar Kementerian Agama. Pada 3 Januari 1946, Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan. Pada hari itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang agama.

Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita.

Melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain: mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

Melalui peringatan HAB ke-72 Kemenag mengambil tema "Tebarkan Kedamaian". Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. Dan, hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki.

Hendrajoni menyampaikan harapan Menteri Agama, “marilah memaknai bekerja sebagai ibadah, bekerja melayani masyarakat adalah sebuah kehormatan. Mari menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan keikhlasan, dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan”

Selesai upacara dilakukan penyerahan penghargaan satya lencana karya satya kepada 94 ASN di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, yang terdiri dari 4 orang masa bakti 30 tahun, 14 orang masa bakti 20 tahun, dan 76 orang dengan masa bakti 10 tahun, kemudian acara dilanjutkan dengan temu ramah di aula MAN 2 Pessel.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan Drs. H. Malikia mengatakan, berbagai acara yang telah digelar diharapkan bisa menunjukkan eksistensi Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Menurutnya, HAB merupakan representasi rasa syukur Kementerian Agama atas eksistensinya yang telah berdiri sejak 72 tahun silam. Dengan HAB ini, H. Malikia berharap, seluruh ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan bisa meningkatkan loyalitasnya kepada lembaga, sesuai dengan tema HAB kali ini mari tebarkan kedamaian.(Zon/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW