Logo
Melalui Gubernur, Menag Minta ASN Kemenag Menjadi Duta Penebar Kedamaian - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Melalui Gubernur, Menag Minta ASN Kemenag Menjadi Duta Penebar Kedamaian

RinaRisna Rabu 03, Januari 2018 | 12:35:48 wib

Padang, Inmas—Hujan yang mengguyur Kota Padang sejak dini hari tadi tak menyulutkan semangat ASN Kemenag Sumbar untuk melaksanakan puncak kegiatan HAB (Hari Amal Bhakti) ke 72. Upacara peringatan hari lahir lembaga Kemenag ini dipusatkan di Lapangan RTH Imam Bonjol Padang, Rabu (3/1/2018).

Lapangan yang digenangi air hujan sampai beberapa saat sebelum upacara, dipadati ASN Kanwil Kemenag, UIN Imam Bonjol Padang, Balai Diklat Keagamaan dan Kemenag Kota Padang serta madrasah dan KUA. Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan sambutan Menteri Agama RI.

Dikatakan gubernur, Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. Melihat pentingnya tugas itu, maka pada diri setiap aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait.

Misi itu antara lain, mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan kehidupan beragama yang berkualitas. Melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu. memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antarumat beragama.

Pada masa kekinian, tugas itu semakin berat tantangannya karena kita menghadapi zaman yang cepat berubah. Kita berada dalam lingkup masyarakat lebih luas yang meliputi warga global hingga generasi digital.   “Kita tidak boleh lagi bekerja dengan kacamata kuda hitam yang minim kepedulian. Dengarlah aspirasi dari berbagai arah agar kita dapat mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik”ungkap gubernur.

Pada momen HAB ini kita patut bersyukur, berbagai upaya perbaikan telah membuahkan hasil. Mengiringi usianya yang ke 72 Kementerian Agama sukses menorehkan sejumlah prestasi. Di bidang tata kelola mendapat opini hasil audit BPK dengan predikat WTP dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi. Di bidang pelayanan haji, indeks kepuasan jamaah haji terus meningkat, indeks kerukunan beragama dalam angka positif.

“HAB ke 72 Kementerian Agama tahun 2018 ini mengambil tema Tebarkan Kedamaian. Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Karena itu, saya mengajak seluruh ASN Kemenag dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi duta penebar kedamaian”, pesan Menag melalui gubernur se Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Sumbar saat diwawancara usai upacara berharap Kementeriana Agama meningkat pelayanan publik  yang mulai tahun ini harus e goverment atau PTSP (Pelayanan Terpadu Saru Pintu) seperti yang dipesankan Menteri Agama.

“Kemudian untuk di Sumatera Barat kita berharap pelayanan nikah harus terus ditingkatkan walaupun sekarang sudah bagus. Kemudian sekolah yang dikelola Kementerian Agama tingkatkan terus kualitas dan pelayanannya, mudah2an semua ini bisa dijalani dengan baik”, pesan gubernur kepada Kakanwil dan jajarannya.

Menyambut harapan gubernur, Kakanwil yang diwawancarai wartawan disela-sela penyerahan piagam mengatakan, sebagai aparatur sipil negara Kemenag harus melayani masyarakat dengan maksimal dan optimal berdasarkan SOP yang telah ada.

“Kita Berharap masyarakat hidup rukun dan damai, karena rukun dan damai sangat dibutuhkan masyarakat untuk beraktifitas dan berkinerja. Ini juga bagian dari keinginan masyarakat Sumatera Barat agar  bisa hidup rukun, damai sehingga melahirkan kesejahteraan lahir bathin”, papar Kakanwil didampingi Kabid dilingkungan Kanwil Kemenag.

Usai pelaksanaan upacara juga dilaksanakan penyerahan penghargaan bagi jajaran Kemenag yang telah meraih prestasi nasional maupun tingkat Sumatera Barat. Dan tak kalah penting Kanwil Kemenag juga memberikan piagam penghargaan serta doorprize kepada anggota paskibra yang berasal dari MAN 1 Kota Padang di Aula Kanwil Kemenag. RinaRisna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW