Logo
Berkunjung ke Kanwil, Shofwan Karim : Kemenag Ibarat Ibu bagi Muhammadiyah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Berkunjung ke Kanwil, Shofwan Karim : Kemenag Ibarat Ibu bagi Muhammadiyah

Yesfi Mira Andria Rabu 10, Januari 2018 | 15:33:55 wib

Padang (Inmas)--Sehubungan telah dilantiknya H. Hendri, sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, secara spontan PW Muhammadiyah dan PW Aisyiah melakukan silahturahmi  ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat.

Rombongan Muhammadiyah ini disambut langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri beserta Plh Kabag TU, H. Irwan, Plh. Kabid Penmad dan Plh Kabid Pakis di Ruang kerjanya, Rabu (10/1) .

Rombongan dipimpin langsung Ketua  PW Muhammadiyah Provinsi Sumatera Barat Prof Shofwan Karim, MA. Hadir juga Ketua PW Aisyiah Dra. Hj. Meiliarni Rusli serta Ketua Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Dan yang Tak kalah penting hadir juga rombongan PMD Pabasko (Padang Panjang, Batipuh dan Sepuluh Koto) yang akan melaksanakan miladnya, serta Kepala MTs, Rudi dan MA KMM Kauman Padang Panjang Derliana, MA .

MTs/MA KMM Kauman Padang Panjang salahsatu Madrasah yang dinaungi Muhammadiyah. Madrasah yang saat ini sangat banyak mendulang prestasi di tingkat provinsi  maupun Nasional, dan prestasi terbaru terpilihnya Kepala MAKMM  Kauman, Derlina sebagai Kepala Madrasah Berprestasi Tingkat Naional dan baru kembali dari Filandia sebagai reward dari prestasinya, begitu disampaikan Shofwan Karim saat perkenalan rombongan.

Selain bertabur prestasi MA KMM Kauman juga saat ini sedang giat dalam pembangunan fisik diantaranya, baru saja selesai 3 Ruang Kelas Baru (RKB), dimana satu diantara RKB tersebut bantuan dari Kemenag sebesar 180 juta dan yang lainnya swadaya masyarakat dan Muhammadiyah, ungkap Derlina.

Dalam hantaran katanya, Ketua PW Muhammadiyah Prof. Shufwan Karim menyampaikan tujuan kedatangannya beserta rombongan untuk menguatkan kembali silahturahmi yang selama ini telah terjalin antara Muhammadiyah dan Kemenag.

Ungkapan terimakasih tak lupa disampaikan Shofwan atas perhatian Kemenag untuk PW Muhammadiyah Sumatera Barat, sehingga juga dapat bantuan operasional dari Kementerian Agama sebesar 25 Juta pada Tahun 2017 ini, lanjutnya.

Kemenag ibarat ibu bagi Muhammadiyah, karena kepada Kemenag lah Muhammadiyah bisa bertukar fikiran, curhat dan berkeluh kesah, lanjut Shufwan.

Apa yang disampaikan Ketua PW Muhammadiyah disambut hangat Kakanwil dengan ucapan terimakasih dan apreasiasi yang setinggi-tingginya atas silahturahmi ini dan mohon maaf seharusnya Kakanwil yang sedianya akan bersilahturahim ke PW Muhammadiyah.

Banyak hal yang telah dilakukan Muhammadiyah untuk umat, bangsa dan negara ini. “Kemenag membutuhkan kehadiran Muhammadiyah sebagai mitra, tanpa Muhammadiyah Kemenag tak dapat berbuat banyak karena satu visi dan misi untuk umat hanya saja program dan strategi  yang berbeda dengan tujuan yang sama”, ujar Hendri.

Kakanwil juga mohon dukungan dan bantuan dari keluarga besar Muhammadiyah agar sukses menjalani takdir Allah SWT sebagai pemimpinan baru, dengan menjadi tim work yang kuat sehingga bersama dapat membawa masyarakat  taat beragama yang kehidupanhya berlandaskan adat basansi sarak, sarak basandi kitabullah. Tim work yang kuat itu, kuat hubungan batin, kuat kekompakannya, kuat rasa persatuan, kuat barisan dan kuat kebersama mencapai cita-cita bersama, lanjutnya

Kakanwil berharap antara Kemenag dan Muhammadiyah terbangun komunikasi dan koordinasi yang inten karena semua itu akan memudahkan segala upaya untuk umat dalam meninggikan Agama Allah serta terbangunnya sinergitas yang luar biasa yang dapat melahirkan kekuatan.

Untuk menjawab harapan PW Muhammadiyah secara spontan Kakanwil memberikan bantuan secara pribadi sebesar Sepuluh Juta Rupiah untuk kelanjutan pembangunan Ruang Kelas di MA KMM Kauman. Dan secara institusi setelah DIPA Kanwil di bedah akan terlihat apa yang bisa diperbuat Kanwil untuk PW Muhammadiyah, PW Aisyiah dan khusunya MA KMM Kauman.

Kanwil Kementerian Agama Provinsi Suamtera Barat juga siap ikut bersama-sama dengan Muhammadiyah serta semua ormas yang ada di Sumbar mencari solusi untuk permasalahan umat, begitu ucap Kakanwil mengakhiri sambutannya. (Mira/Rina)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW