Logo
Sawahlunto Akan Bangun Dua Gedung Baru KUA - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Sawahlunto Akan Bangun Dua Gedung Baru KUA

sawahlunto Kamis 11, Januari 2018 | 17:05:45 wib

Sawahlunto, Inmas--Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan keagamaan kepada masyarakat, Kementerian Agama Kota Sawahlunto akan membangun gedung baru Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) 3 (tiga) buah Kecamatan.

Tiga dari empat kecamatan itu, Kecamatan Barangin, Lembah Segar dan Silungkang. Sebelumnya tahun 2017, Kemenag Sawahlunto telah sukses menyelesaikan gedung baru KUA Kecamatan Talawi melalui dana SBSN.

Menurut rencana, tahun ini ditargetkan akan dibangun lagi 2 (dua) buah gedung baru Balai Nikah dan Manasik Haji untuk KUA Kecamatan Silungkang serta Kecamatan Barangin. Kendati masalah sertifikat tanah menjadi kendala utama namun upaya itu sudah menemukan titik terang.

Kepala seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kota Sawahlunto, H. Adrimas mengungkapkan, kepastian lokasi termasuk sertifikat tanah maupun berkas dokumen pendukung lainnya masih dalam proses penyelesaian dan akan dituntaskan secepat mungkin.

Untuk diketahui, rencana lokasi pembangunan gedung baru KUA Kecamatan Silungkang masih tetap memanfaatkan tanah sekarang, sedangkan KUA Kecamatan Barangin belum bisa dipastikan tempatnya karena tanah KUA bersangkutan milik PTBA UPO dengan status hak pakai.

Usai mendampingi Tim Teknis Tata Ruang Dinas PU dengan PPK H.Zainul Arizal mencari titik kordinat di KUA Kecamatan Silungkang, Kamis (11/1), dilanjutkan survei lokasi tanah pembangunan gedung baru KUA Kecamatan Barangin bersama Kasi Pertanahan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto, Adrimas sangat optimis dua buah gedung dimaksud dapat dibangun tahun ini.

Dijelaskan pula, setelah melakukan pengkajian dan koordinasi langsung sekaligus penjajakan dengan Pemerintah daerah disertai permohonan secara tertulis,  ada beberapa opsi titik lokasi tanah milik Pemda yang ditawarkan Sekdako untuk pembangunan gedung KUA Kecamatan Barangin dengan status tanah bersertifikat, diantaranya dua bidang tanah di Kawasan Kantor Samsat serta satu bidang tanah dekat Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Sawahlunto. (f@hmi/Rina)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW