Logo
Bupati Solok Buka Manasik Haji 2018 - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Bupati Solok Buka Manasik Haji 2018

kabupaten solok Sabtu 13, Januari 2018 | 11:31:22 wib

Koto Baru, Inmas. Sebanyak 176 jamaah calon haji Kabupaten Solok Tahun 2018 hari jni mengikuti Pembukaan Manasik Haji di aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kabupaten Solok. Acara yang berlangsung pukul 10.00 WIB ini dibuka oleh Bupati Solok H. Gusmal yang dihadiri oleh Forkopimda, Pejabat dilibgkungan Kantor Kemenag dan perwakilan Bank penerima setoran BPIH dan jamaah calon haji.

 

Kakankemenag H. Alizar dalam laporannya menyampaikan bahwa acara ini digelar sesuai dengan regulasi haji UU no. 12 tahun 2008 tentang penyelenggaraan haji. Adapun jamaah calon haji tahun 2018 dari Kabupaten Solok sebanyak 193 orang dipanggil untuk melunasi BPIH termasuk 16 orang kuota cadangan. Dengan jumlah jamaah masih dari kecamatan Kubung sebanyak 81 orang disusul Lembah Gumanti dan Gunung Talang. Berdasarkan jenis kelmain maka jamaah pria 80 orang dan jamaah wanita 112 orang.

 

Sedangkan untuk biaya pelunasan jamaah masih menunggu penetapan dari pusat. H. Alizar berharap walau BPIH belum ditetapkan para jamaah calon haji tetap fokus mempersiapkan diri baik fisik melalui menjaga makanan dan olahraga yang teratur serta pengetahuan ibadah melalui manasik. Tak lupa H. Alizar memesankan sesama jamaah calon haji untuk salibg menjaga komunikasi serta menambah pengetahuan tentang ibadah haji melalui berbagai media.

 

Bupati H. Gusmal mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat pada jamaah calon haji yang telah diberi kesempatan Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Selain untuk ibadah, kesempatan ini juga untuk menghisap diri atas nikmat yang diberikan Allah pada kita. Untuk itu persiapkan mental, iman dan pengetahuan ibadah.

 

Mengakhiri arahannya H. Gusmal mengatakan ibadah haji bukan untuk riya' atau memamerkan k3kayaan, akan tetapi kesempatan yang diberikan Allah untuk introspekai diri sekaligus peniblngkatan iman melalui peningkatan pengetahuan agama dan pengamalan ibadah. "Mari luruskan niat karena Allah". Tutup H. Gusmal.

 

Selain manasik haji yang dibuka secara resmi hari ini, jamaah calin haji juga mengikuti manasik mandiri dengan KBIH resmi yangvtelah terdaftar dan memiliki izin dari Kementerian Agama. Fendi

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW