Logo
Rapim Kanwil Lahirkan Lima Ending - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Rapim Kanwil Lahirkan Lima Ending

Kamis 18, Januari 2018 | 23:15:35 wib

Padang (Inmas)- Menyikapi undangan Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama RI tanggal 23-24 Januari nanti, hari ini Kamis (18/1) Kantor Wilayah Kementerian Agama adakan Rapat Pimpinan (Rapim) di jajaran Kemenag Sumbar dengan pembahasan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Tahun Anggaran 2017 dan persiapan Rapat Kerja Nasional Tahun 2018.

Rapat yang diadakan di Aula Amal Bhakti ini dipimpin langsung Kakanwil Kemenag H. Hendri dan diikuti seluruh Kabid, Pembimas, Kasubbag di Lingkungan Kanwil serta Kakan Kemenag Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat dan dimoderatori H. Irwan Kasubbag Inmas.

Dalam hantaran kata ketika mengawali kegiatan ini Kakanwil menyampaikan, sesuai teori perencanaan management oleh George R Terry adalah POAC (Planing, Organiting, Actuating, Controling), hari ini kita akan membahas Controling dan Planning, yakni Controling  untuk kegiatan Tahun 2017 dan Planning untuk kegiatan 2018”.

Dalam pohon perencanaan, “akar” menggambarkan Visi Kementerian agama yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong rotong, begitu dijabarkan H.Hendri.

Lebih lanjut H. Hendri juga menyarankan agar planning yang akan dibuat untuk Tahun 2018 harus mengaju pada lima  Tujuan Pembangunan bidang Agama dan Tujuan Pembangunan bidang Pendidikannya Kementerian Agama.

Kegiatan rapat hari ini diharapkan menghasilkan lima ending yang akan diapungkan ketingkat nasional yakni evaluasi kegiatan tahun 2017, pemantapan program dan kegiatan tahun 2018, isu-isu strategis pada masing-masing satker, hasil akserilasi pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2017 dan yang kelima inventarisasi permasalahan aktual diantaranya maraknya LGBT, pergaulan bebas dan merosotnya erosi moral baik masyarakat dan tentunya umat termasuk terkikisnya nilai-nilai agama di kalangan masyarakat.

Pada kesempatan rapim perdana ini selaku Kakanwil baru, H. Hendri minta dukungan dari para pimpinan se-Sumatera barat dalam melaksanakan amanah dan menjadi tim work yang solid demi menjalankan visi dan misi Kementerian Agama, masukkan dari semua sangat diharapkan, begitu harapannya.

Inti dari rapat hari ini penyampaian evaluasi kegiatan 2017 dan palnning kegiatan 2018 dari satker di lingkungan kanwil serta kakankemenag kabupaten/kota, yang membahas isu-isu strategis di masing-masing satker dan rencana untuk menyikapinya sebagimana hasil rapim tingkat kabupaten/kota. Hasil rapim ini juga disampaikan langsung oleh pimpinan satker kepada Kakanwil. 

Diakhir kegiatan moderator rapim, H. Irwan membacakan pemringkatan serapan anggaran 2017 pada satker kakanwil dan tingkat kemenag kabupaten/kota dimana yang meraih peringkat satu dua tiga berturut untuk satker kanwil adalah Pembimas Buddha, Sekretariat dan Pembimas Hindu.

Sementara untuk kemenag kabupaten/kota dicapai urutan pertama Kemenag Kota Solok, kedua Kota Payakumbuh dan peringkat tiga Kota Bukittinggi. Para pemuncak ini di hadiahi sertifikat penghargaan yang diserahkan langsung oleh kakanwil. (Mira)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW