Logo
Launching 3 Inovasi, Kakanwil Apresiasi Jajaran Bidang Pakis - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Launching 3 Inovasi, Kakanwil Apresiasi Jajaran Bidang Pakis

Dewi Selasa 23, Januari 2018 | 22:08:52 wib

Bukittinggi, (Inmas)--Dalam Rapat Koordinasi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Tahun 2018 yang dibuka langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat kemaren, Senin (22/01) Bidang Pakis Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat juga me launching Buku Pakis Dalam Angka dan Buku Grand Desain Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam serta meluncurkan 5 inovasi Pakis tahun 2018 yang ditandai dengan penandatanganan Buku Pakis Dalam Angka dan Buku Grand Desain Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Seksi Sistem Informasi Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat DR. Muslimah, S. THI. M. Ag. Memaparkan Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatea Barat pada tahun 2017 telah menerbitkan buku Pakis Dalam Angka sebagai publikasi Data Pendis dan melalui Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 15 Mei 2017 lalu, Bidang Pakis telah mengeluarkan Grand Desain Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Provinsi Sumatera Barat yang di launching saat ini ditanda tangani langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatea Barat.

Lebih lanjut Muslimah menambahkan, tahun 2018 ini Pakis melanjutkan innovasi dengan slogan “Five Innovation of Pakis” yang isinya satu; Kabid Menyapa Lembaga Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, dua; Ngopi (Ngobrol ngobrol Pendidikan Islam, ketiga; PAIS Berdedikasi empat; PDPontrean Ber-Mushab (Muzakarah Satu Hari Akhir Bulan) dan terakhir kelima; Kemenag The Best Respon Award.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Kardinal, N. MM., Buku Pakis Dalam Angka merupakan salah satu wadah yang dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan Pendidikan Agama di Sumatera Barat. Data Emis menjadi dasar dalam penyusunan program dan acuan dari suatu rencana kegiatan. Data yang disusun haruslah valid dan dapat dipertanggung jawabkan karena jika data nya salah maka rencana nya juga akan salah dan otomatis hasil akhir juga akan salah untuk itu di tuntut komitmen kesungguhan dalam menyusun data yang valid tersebut.

Kardinal menambahkan Proses penyusunan dan penyelesaian Grand Desain Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam pada Sekolah dan Pondok Pesantren di Sumatera Barat dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2017 di Aula Amal Bhakti II Kanwil Kemenag Sumbar dan dilanjutkan dengan perumusan hasil FGD di Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang pada tanggal 23 Mei 2017.

Diakhir Kardinal mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam memberikan kontribusi yang sangat besar dalam penyelesaian dari awal hingga akhir.

 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri, S. Ag. M. Pd. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi luar biasa kepada seluruh jajaran Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat atas inovasi inovasinya.

Ucapan selamat tak lupa H. Hendri sampaikan atas keberhasilan Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat menyelesaikan penyusunan Buku Pakis Dalam Angka dan Buku Grand Desain Pengembangan Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam pada Sekolah dan Pondok Pesantren menuju generasi Cerdas, BEriman dan Bertaqwa di Provinsi Sumatera Barat sebagai icon baru Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam mengembangkan Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam pada Pesantren dan Sekolah yang berada pada Provinsi Sumatera Barat.

Di akhir sambutannya H. Hendri menyampaikan harapan semoga inovasi inovasi yang telah di luncurkan Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dapat memberikan spirit dan motivasi untuk membangun serta merencanakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan potensi peserta didik.

“Kita tentunya juga memiliki visi dan misi dalam memajukan pendidikan pada Pesantren dan Sekolah dan diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas layanan kita dalam menumbuh kembangkan potensi peserta didik menuju sumber daya manusia yang berkualitas pada masa yang akan datang dan meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Sekolah dan Pondok Pesantren di Provinsi Sumatera Barat”, tutup Hendri.[DW]  

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW