Logo
Sosialisasi PPDB MAN IC Padang Pariaman dan MAN PK Padang Panjang - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Sosialisasi PPDB MAN IC Padang Pariaman dan MAN PK Padang Panjang

Yesfi Mira Andria Kamis 01, Februari 2018 | 15:00:41 wib

Padang (Inmas)--Mulai tanggal 01 Februari 2017, 17 (tujuh belas) Madrasah Aliyah Insan Cendekia (MAN IC) dan madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK)  se-Indonesia akan menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2018/2019. PPDB sebagai awal dari proses pendidikan dalam rangkaian proses belajar mengajar, merupakan kegiatan yang harus direncanakan dan dilaksanakan dengan matang dan seksama dalam rangka mendapatkan peserta didik yang berpotensi dan berkualitas dalam proses belajar mengajar yang kondusif. Demikian pernyataan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Artis Arjun dalam arahannya pada Kegiatan Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru, Kamis (1/2).

Kegiatan Sosialisasi ini diadakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar dalam rangka memenuhi surat edaran dirjen pendis yang telah diterima beberapa hari lalu, ungkap Kasmir Kasi Kesiswaan. Bertempat di Aula Amal Bhakti Kantor ini tampak hadir pada kesempatan kali ini seluruh kepala seksi Penmad atau Pendis Kemenag se-Sumatera serta seluruh Kepala Madrasah Tsanawiyah se-Sumatera Barat.

Selanjutnya Artis Arjun Menyampaikan “MAN PK Padang Panjang Tahun lalu menerima 96 orang peserta didik Baru sementara yang medaftar untuk program keagamaan saja  lebih dari 700 orang”. Begitu banyak peminat untuk Madrasah satu ini.

Madrasah Aliyah Sumatera Barat melalui MAN PK dari berbagai hal secara Nasional telah menjadi ajuan baik untuk penyusunan program atau pin bahan ajar. Malalui penerbitan buku-buku bahan ajar yang disusun oleh guru-guru MAN PK  dipakai secara Nasional, lanjut Artis

Sementara itu MAN IC yang telah dikenal sebagai sebagai madrasah yang  memprogramkan keseimbangan antara penguasan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan takwa.

MAN IC Padang Pariaman ditahun ketiga kehadirannya di Sumbar sudah menorehkan prestasi. “Alangkah ruginya kita madrasah bagus seperti MAN IC Padang Pariaman tidak kita manfaatkan untuk anak-anak kita”,tambah Artis

Diakhir arahannya Artis berharap kepada seluruh kepala MTs se Sumatera Barat dapat mendukung PPDB di MAN IC dan MAN PK, dengan mmendaftarkan minimal 5 siswa dari masing-masing Madrasah Tsanawiyah.

Kepala MAN IC Padang Pariaman Rudianto menjelaskan dilakukan sosialisasi ini dalam rangka untuk memperkenalkan MAN IC Padang Pariaman dan mengajak agar para siswa-siswi lulusan MTs atau SMP untuk ikut daftar masuk ke MAN IC Padang Pariaman.

Tahun ini MAN IC Padang Pariaman menerima sebanyak 96 siswa baru. Rudi menargetkan yang mendaftar masuk ke MAN IC Padang Pariaman mencapai 500 orang calaon siswa/siswi.

"Pendaftaran masuk MAN IC Padang Pariaman dilakukan secara online mulai 1 – 28 Februari 2018 melalui website dengan mengakses http://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2018, silahkan diikuti langkah-langkah pada website tersebut dengan terlebih dahulu membuat akun email pribadi calon peserta didik, ujarnya

Sedangkan untuk seleksi bagi calon siswa baru dilakukan secara serantak pada tanggal 24 Maret 2018 yang bertempat di MAN 2 Padang. Materi seleksi katanya meliputi test Bakat Skolastik (TBS) dan test Akademik untuk bidang studi Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

"Pendaftaran sudah dibuka dan akan tutup 28 Februari mendatang. Kami berharap banyak colon siswa/siswi dari madrasah Bapak/Ibu yang mendaftar," pungkasnya.

Sejalan dengan Rudianto, Aguslir selaku kepala MAN PK Padang Panjang juga menyampaikan  keunggulan MAN PK Padang Panjang.

Aguslir tidak terlalu membahas tekhnis pendaftarn karena mekanisme pendaftarn untuk MAN Ic dan MAN PK sama, Aguslir hanya menekankan untuk materi test di MAN PK ditambah dengan tes wawancara serta test masuk dilakukan di MAN PK Padang Panjang, tutupnya.(Mira)

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW