Logo
Direktur KSKK, Umar : MAN 1 Payakumbuh Layak Punya Workshop Vocasional - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Direktur KSKK, Umar : MAN 1 Payakumbuh Layak Punya Workshop Vocasional

payakumbuh Rabu 07, Februari 2018 | 21:31:26 wib

Payakumbuh--Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Ditjen Pendis Kementerian Agama RI, Dr. H. A. Umar, MA, bersama Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, Artis Arjun, meninjau langsung MAN 1 Payakumbuh. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung pelaksanaan program vocasional / keterampilan kewirausahaan, sejak ditetapkannya madrasah ini sebagai madrasah penyelenggara pendidikan keterampilan yang senada dengan SMK. Untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat, hanya 3 madrasah yang menjalankan program vocasional sebagaimana SK Menteri Agama melalui Keputusan Dijen Pendis Nomor 4924 tahun 2016. Satu diantara 3 madrasah itu adalah MAN 1 Payakumbuh. Dalam programnya, MAN 1 Payakumbuh dipercaya Menteri Agama sebagai  madrasah penyelenggara keterampilan las, budidaya jamur tiram, busana dan IT

Suatu kebanggaan bagi keluarga besar Kankemenag Kota Payakumbuh, sejak Umar dilantik sebagai Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, oleh Menteri Agama RI (Senin, 14 Agustus 2017), ini merupakan kunjungan pertamanya ke Payakumbuh. 

Didampingi langsung Kepala kankemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber, Rabu (07/02/2018) sekitar pukul 15.41 WIB, rombongan Direktur KSKK sampai di MAN 1 Payakumbuh dan disambut dengan Tari Pasambahan dan Tari Pacah Piriang ayia badorai (pecah piring-red) yang dibawakan siswa MAN 1 Payakumbuh dibawa binaan kepala madrasah, Refinel.

Sambil berbisik kepada Kabid Pendmad yang didampingi Kepala kankemenag Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Payakumbuh, Direktur KSKK, Umar menyebutkan, " Tari ini harus menjadi salah satu tari pembukaan KSM Nasional yang akan diselenggarakan di Bengkulu," sebut Umar

Usai penyambutan secara resmi, rombongan Direktur KSKK langsung menuju lapangan basket dimana dilokasi ini merupakan pusat workshop dilaksanakan program vocasional. Dilokasi ini, Direktur KSKK didampingi Kabid Pendmad tandatangani prasasti MAN 1 Payakumbuh sebagai madrasah vocasional di Indonesia. Kegiatan ini juga diliput langsung wartawan dari Metro TV.

Dengan penuh jiwa kebapakan, Direktur KSKK Umar menyalami dan mengelus kepala siswa MAN 1 Payakumbuh disela kunjungannya di workshop vocasional. Sebagai penghargaan dan buah tangan, salah seorang siswa bidang keterampilan busana menyerahkan sebuah hasil karyanya kepada Direktur KSKK.

" Inilah bukti nyata madrasah pengelola keterampilan Pak Kabid Pendmad, Kami anjurkan agar pakaian ini dijadikan seragam ASN jajaran Kanwil Kemenag Sumbar. Manfaatkan hasil karya siswa MAN 1 Payakumbuh. Mohon sampaikan pada Kakanwil, pesan kami," ujar Umar.

Didampingi juga oleh guru pembimbing keterampilan, Direktur KSKK, Umar lakukan peninjauan workshop las dan budidaya jamur tiram. Dalam kunjungannya, Direktur KSKK, Umar senantiasa memotivasi para siswa agar tamat nanti bisa menjadi pengusaha sukses.

" Jangan terlalu bermimpi menjadi pegawai tapi jadilah pengusaha sukses dengan komitmen dan istiqamah pada usaha yang ditekuni. Insyaallah kita akan menghasilkan manfaat bagi orang banyak, khususnya bagi pribadi kita. Silahkan masukkan proposal bantuan dana. Kalau dapat siap semalam-malam harinya, agar bisa Kita bawa langsung ke Jakarta," tantang Umar didampingi Kasi Sarpras Bidang Pendmad, Afrizal.

Dalam pembinaannya di aula majlis guru, usai meninjau langsung workshop vocasional, Direktur KSKK, Umar menyebutkan bahwa MAN 1 Payakumbuh untuk tahun anggaran 2018 ini sudah semestinya memiliki workshop yang repsesntatif.

" Kita berharap MAN 1 Payakumbuh untuk tahun 2018 ini memiliki bengkel yang layak untuk penyelenggaraan program vocasional. MAN 1 Payakumbuh Kami pandang sangat berpotensi dan didukung lahan. Kita akan bangun workshop repsentatif diatas lahan (sawah) itu. Kami harapkan pihak MAN 1 Payakumbuh didukung Kepala Kankemenag dan Kakanwil secepatnya menyiapkan segala sesuatunya. Jangan tunggu lama !. Kita tidak kalah saing dengan SMK, banyak siswa madarsah yang hebat. Mari kita upayakan dengan PBM dan pendidikan kewirausaaan melalui program vocasional. Kami yakin, siswa lulusan MAN 1 Payakumbuh akan melihatkan bukti nyata bahwa kita tidak kalah dengan SMK," sebut Umar. 

" Selain itu kita juga akan upayakan bekerjasama dengan BLK, sehingga siswa kita apabila lulus dari MAN 1 Payakumbuh juga mendapatkan sertifikat tenaga keterampilan. Semua itu bisa dimulai dari Payakumbuh. Untuk tahun 2018 hingga 2021, madrasah kita pegang motto " MADRASAH HEBAT BERMARTABAT," Tukuk Umar sore itu.

Usai berikan binaan di MAN 1 Payakumbuh, rombongan Direktur KSKK didampingi Kepala kankemenag dan Kepala MAN 1 Payakumbuh, cicipi hasil olahan jamur tiram yang merupakan produk dari program vocasional Kampus Bagonjong ini. Rombongan mohon pamit, karena Direktur KSKK, Umar akan membuka secara resmi Raker Bidang Pendmad di Bukittinggi. Sebelumnya rombongan Direktur KSKK juga menyempatkan diri meninjau MTsN 2 Payakumbuh.

Tampak juga hadir dalam kunjungan Direktur KSKK ini, Kasi Pendmad, Darius, Pengawas Madrasah, Kepala madrasah, Ketua Komite, pembimbing keterampilan, tokoh masyarakat setempat dan insan media.ul|Mira

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW