Logo
Raker Penmad Penuh Inovasi - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Raker Penmad Penuh Inovasi

Yesfi Mira Andria Jumat 09, Februari 2018 | 19:12:09 wib

Bukittinggi (Inmas)—Tepat Pukul 08.00 WIB pagi ini dengan penuh semangat semua peserta Rapat Kerja (Raker) Bidang Penmad sudah berkumpul di Ball Room Grand Royal Denai Hotel untuk mengikuti hari ketiga Raker Bidang Penmad.

Raker yang teah berlangsung semenjak Rabu (7/2) ini diikuti 140 orang peserta yang berasal dari perwakilah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan Perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kab/Kota Se-Sumatera Barat.

Dihari ketiga ini diisi dengan Sidang Paripurna dan Pennutupan Kegiatan Raker secara resmi oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Artis Arjun.

Sidang Paripurna  berisi tanggapan masing-masing Kasi dan Kabid Penmad terhadap pertanyaan, masukkan, kritik dan saran yang telah disampaikan pada sidang komisi  terbuka yang telah digelar hingga malam kemaren Kamis (8/2).

Seluruh pertanyaan, masukkan, kritik dan saran pada sidang komisi terbuka telah dicatat oleh notulen. Sebanyak 138 masukkan telah ditampung dan ditanggapi oleh masing-masing seksi dan akan di jadikan rekomendasi hasil rapat kerja bidang penmad Tahun 2018.

Rekomendasi di bacakan secara resmi oleh Kasi Karikulum, Hendri Panidias dihadapan seluruh peserta raker. Selanjutnya rekomendasi tersebut ditandai tangani oleh perwakilan kasi penmad se Sumatera Barat, IGRA, MK2MI, MK2MTs, MK2MA, Pokjawas, dan Madrasah Vocational.

Setelah ditanda tangani, rekomendasi raker tersebut di serahkan langsung oleh Ketua Forum Komunikasi Kasi Penmad Sumatera Barat, Yusmarli Kasi Penmad Kemenag Kab. tanah datar kepada Kabid Penmad, Artis Arjun. 

Adapun pertanyaan, masukkan, kritik dan saran yang telah disampaikan diantaranya, terkait pengajuan bantuan sarana dan prasarana melalui aplikasi simsarpras, semua proposal yang masuk akan diverifikasi document dan verifkasi lokasi..

Terkait kurikulum telah diperlukan ketegasan bagi madrasah yang belum menerapkan Kurikulum K13 padahal sudah ada Surat Keputusan dan sudah Bimtek. Masih dari seksi kurikulum terkait konsep literasi madrasah, program unggulan semua telah dipersiapkan oleh Bidang Penmad untuk dilaksanakan Tahun 2018 ini.

Dari sisi Kelembagaan isu hangat adalah terkait penegerian madrasah yang masih menunggu kebijaksanaan dari Pusat.

Sementara dari sisi pendidik dan tenaga Kependidikan telah dirumuskan penganggaran dana untuk berbagai kompetensi guru, peningkatan mutu. Juga akan disiapkan wadah untuk pokjawas dan tahun ini bantuan untuk pokjawas telah dianggarkan.

Info terbaru dari Direktur KSKK, A. Umar saat kunjungan di beberapa Madarsah di Bukittinggi menyampaikan, saat ini telah tersedia kesempatan untuk penegerian Raudhatul Atfal (RA).

Setelah sidang paripurna kegiatan Raker ditutup secara resmi oleh Kabid Pemad, H. Artis Arjun. Dalam arahannya Artis menyampaikan bahwa “Raker Tahun 2018 ini adalah Kegiatan Raker paling baik dalam beberapa Tahun terakhir ini”.

Pada tahun ini terdapat banyak inovasi diantaranya, pendaftaran peserta dilakukan secara online, sidang komisi tertutup yang biasa diterapkan pada tahun sebelumnya diganti dengan sidang komisi terbuka sehingga lebih banyak pihak yang dapat menyampaikan aspirasinya, dan keterwakilan akan pendapat semakin besar.

Selain itu inovasi lainnya adalah ditampilkan berbagai prestasi madrasah dan foto-foto saat kegiatan  yang diraih selama Tahun 2017 melalui slide pada infocus yang ditayangkan disela-sela kegiatan.

Selain itu Artis juga berpesan kepada peserta Raker, “kita jangan terlena dengan prestasi-prestasi yang telah diraih, masih banyak kekurangan kita yang harus diperbaiki di Tahun ini demi menuju Madrasah Hebat Bermartabat”.

Statement mengharukan yang keluar dari mulut Artis menutup kegiatan Raker Tahun 2018 ini  “kita akan terluka apabila madrasah disakiti dan dicederai oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab”. (Mira)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW