Logo
Kemenag Kota Padang Panjang Komit Bangun Ekonomi Umat Dengan Perbankan Syariah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kemenag Kota Padang Panjang Komit Bangun Ekonomi Umat Dengan Perbankan Syariah

Emi Ratna Aprilana,M.Pd Selasa 13, Februari 2018 | 08:41:02 wib

Padang Panjang, Inmas-- Mendorong dan menghidupkan perbankan syariah merupakan tanggung jawab kita bersama ujar H. Gusrizal Ghazahar dalam tausiyah pada sosialisasi membangun ekonomi umat dengan perbankan syariah yang digelar di aula Kemenag Kota Padang Panjang pada Senin (12/2). Tampak hadir para pejabat struktural, fungsional, kepala madrasah negeri dan swasta se Kota Padang Panjang. Juga hadir ketua MUI Kota Padang Panjang dan beberapa orang pengurus. H. Gusrizal Ghazahar selaku Ketua MUI Sumatera Barat didampingi oleh Kakankemenag yang diwakili oleh kasubbag tata usaha dan M. Izhar pimpinan divisi usaha syariah Bank Nagari.

Senada dengan ketua MUI, Wahyu Salim juga mengungkapkan dalam kajian Ummul Quran ada 3 asas dalam penetapan syariat Islam diantaranya tidak memberatkan, menyedikitkan beban, dan bertahap dalam menetapkan hukum atau berangsur-angsur (tidak frontal). Kali ini sesuai point 3 diatas dimulai secara bertahap menuju perbankan syariah. Sesuai arahan Kakankemenag H. Gusman Piliang Kemenag Kota Padang Panjang komit bangun ekonomi umat dengan perbankan syariah dan Kemenag berkewajiban untuk lakukan pembinaan ujar Kasubbag tata usaha kelahiran 1976 ini.

Dalam sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bank Nagari Syariah Padang Panjang juga memaparkan berbagai pelayanan dan kemudahan yang akan diperoleh oleh jajaran Kemenag hal ini disampaikan oleh  Silvia Nelly. H. Gusrizal juga menghimbau untuk bersama mendorong penuh perbankan syariah karena keistimewaan syariah Islam salah satunya dapat diterapkan disetiap zaman, tempat dan diseluruh aspek kehidupan. Selain itu pendekatan perbankan syariah terbagi atas dua diantaranya pendekatan religius yakni menghindari riba dan pendekatan pragmatis yakni mencari materi, janganlah pendekatan pragmatis lebih dominan sehingga merendahkan pendekatan religi.

Sosialisasi berakhir dengan tanya jawab dan diskusi antara peserta yang hadir dengan ketua MUI dan pihak bank Nagari Syariah. Menyadari kewajiban bersama dalam mendorong ekonomi umat, jajaran Kemenag Kota Padang Panjang komitmen untuk menghidupkan perbankan syariah. (emie)|Mira

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW