Logo
SMAN 2 Payakumbuh Akan Jadi Tuan Rumah Raker PAI Se Sumbar - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

SMAN 2 Payakumbuh Akan Jadi Tuan Rumah Raker PAI Se Sumbar

payakumbuh Selasa 13, Februari 2018 | 23:24:21 wib

Payakumbuh (Inmas)--Berkat kerjasama yang baik antara Kankemenag Kota Payakumbuh dengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuhpat khususnya di bidang Pendidikan Agama di sekolah umum, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat mempercayakan SMAN 2 Payakumbuh sebagai tuan rumah Pelaksanana Rapat Kerja Pendidikan Agama Islam se Sumatera Barat pada Bulan Maret 2018, mendatang. Selain itu, Kakanwil juga sangat apresiasi dengan kegiatan Rohis yang dilaksanakan di kampus yang menjadi sekolah rujukan nasional ini.

Ungkapan ini disampaikan kakanwil melalui kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, H. Kardinal saat meninjau langsung pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Payakumbuh yang terletak di Jalan Meranti No. 20 Bukit Sitabur, Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh. Saat ini Kampus Flamboyan dikepalai, Hj. Irma Takarina.

Peninjauannya ke lokasi, Selasa (13/02) Kabid Pakis, Kardinal yang hadir bersama Kasi PAIS, Jhon Of Afrizal One dan Kasi Pontrean Yosef Chairul didampingi langsung Kepala kankemenag, Asra Faber bersama Kasi PAIS, Sri Yusnita dan Kasi PDPP, Safrizal. Di SMAN 2 Payakumbuh, Kardinal melihat langsung pelaksanan kegiatan yang rutin dilakukan siswa setiap jam istirahat, yaitunya shalat dhuha dan muraja'ah.

Sebagaimana diterangkan Kepala kankemenag, Asra Faber, selama ini koordinasi kita dengan Diknas pendidikan khususnya PAI, sangat berjalan optimal. Tidak hanya di madrasah, program tahfidz di Pemko Payakumbuh sangat bagus. Para pemenang hafidz dihadiahi umrah oleh Walikota.

" Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Payakumbuh bahkan sudah mendapatkan prediket nasional bahkan hingga internasional. Salah seorang siswa kita yang hafidz, Imam bahkan sudah sering diundang ikuti olimpiade. Dalam menunjang program PAI, bahkan siswa tidak merasakan liburnya, mereka mabit di Harau sambil memperlancar hafalan bersama Ustadz Amru Siregar didampingi Kepsek dan Guru PAI. Walaupun saat ini, SMAN 2 Payakumbuh kekurangan Guru PAI, namun semangat tak luntur. Ini sudah menjadi tradisi dan kebiasaan di sekolah ini. Program ini sangat mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk komite. Belum lama ini, MGMP PAI Ka. Agam juga melakukan studi banding di sekolah kita ini," terang Asra Faber.

Ditambahkan Kepala SMAN 2 Payakumbuh, Saat ini kita sedang menyiapkan khatam tahfidz untuk 48 orang siswa, minimal hafidz 2 juzz. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 100 %, karena tahun lalu hanya 22 orang.

" Sebagai penghargaan untuk para hafidz saat ini kami dari majlis guru sudah mengumpulkan infaq sebagai reward untuk mereka. Mohon doa, semoga sekolah bisa mengumrahkan mereka juga," sambung Irma Takarina.

Kabid Pakis juga menyaksikan langsung penampilan khutbah oleh salah seorang siswa di mesjid Jabal Nur yang dijadikan pusat kegiatan keagamaan dan labor agama yang berfasilitas lengkap. Melanjutkan peninjauan, rombongan Kabid Pakis meninjau Kantin Sehat tempat para siswa melakukan sarapan dan makan siang, secara terpusat dan dikelola secara baik oleh pihak sekolah.

" Kami namakan kegiatan hari ini dengan KABID PAKIS MENYAPA. Harumnya nama SMAN 2 Payakumbuh sudah kami dengar, dan sekarang kami tinjau langsung. Ternyata benar. Meskipun ini baru kunjungan kami secara pribadi di SMAN 2 Payakumbuh, Kami sangat kagum dan pantas saja sekolah ini sebagai sekolah rujukan. Raker PAI pada bulan Maret akan kita gelar di SMAN 2 Payakumbuh. Mohon Kepala Sekolah dan Kepala Kankemenag, menyanggupinya. Kami sudah tinjau aula dan tempat lainnya, sekolah ini sangat cocok untuk dijadikan contoh bagi 19 Kota/Kab, nantinya," tantang Kardinal.

" Insyaallah, Kita siap Pak, silahkan adakan di sekolah kita ini," Jawab singkat Irma Takarina istri Asisten II Sekdako Payakumbuh ini.

Usai bersilaturrahmi dan melakukan peninjauan pelaksaan jalannya program PAI di SMAN 2 Payakumbuh, rombongan pun mohon pamit untuk melanjutkan peninjauan di Pondok Pesantren Salafiyah Ibnul Qoyyim di Kelurahan Tanah Mati Kec. Payakumbuh Barat.ul|Mira

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW