Logo
Kemenag Padang Panjang Gelar Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru PAI - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kemenag Padang Panjang Gelar Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru PAI

Emi Ratna Aprilana Rabu 14, Februari 2018 | 09:31:20 wib

Padang Panjang (Inmas)--"Alhamdulillah atas diselenggarakan kegiatan Implementasi Kurikulum 2013 bagi guru PAI Se Kota Padang Panjang" sambutan Kakankemenag Kota Padang Panjang pada Rabu (14/2) bertempat di gedung STAI Imam Bonjol. Kegiatan ini baru mengikutsertakan 20 peserta dari 167 guru PAI karena keterbatasan anggaran, namun ini bukan alasan dan halangan untuk meningkatkan mutu dan kompetensi guru PAI di Kota Serambi Mekah ujar H. Gusman Piliang. Dalam sambutannya Kakankemenag juga harapkan materi yang dipaparkan narasumber nantinya bisa menjadi masukan dan sharing informasi. Selain itu kegiatan ini kian memperkuat silaturahim antar guru PAI. Guru PAI hendaknya mampu menjawab harapan masyarakat terkait maraknya Dekadensi Moral salah satunya maraknya LGBT. 

Kakankemenag juga mengisahkan kasus-kasus terkait LGBT yang harus diwaspadai dan disikapi secara bersama. Kemudian bertepatan sekarang 14 Februari 2018 dihimbau kepada peserta didik untuk tidak ikut Valentine Day karena bukan bagian ajaran agama dan tradisi  kita, disini peran guru PAI untuk menyampaikan ujar Kakankemenag Kota Padang Panjang. 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Kota Padang Panjang. Pada kesempatan yang sama H. Fahrizal Pengawas PAI yang ditunjuk sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa peserta 20 orang berasal dari guru PAI Tk. SD sebanyak 7 guru, 6  guru SMP, 5 SMA dan SMK dan 2 orang pengawas PAI. Adapun tema kegiatan dengan meningkatkan kompetensi guru PAI yang profesional dengan penerapan 5 budaya kerja abad 21. Kasi PAIS mengungkapkan bagaimana penanaman nilai karakter pada peserta didik juga akan menjadi bagian materi pada kegiatan ini. Editiawarman juga menyampaikan kepada Kakankemenag bahwa master soal USBN PAI sudah diserahkan kepada Dinas Pendidikan, direncanakan SMK Berbasis Komputer (UNBK) dan berbasis kertas dan pensil. 

Adapun materi yang akan dibahas pada implementasi kurikulum 2013 bagi guru PAI diantaranya Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru PAI oleh H. Gusman Piliang, Pendidikan Abad 21 Titik Tekan Kurikulum 2013 oleh Feri Fren dari LPMP Padang, dan Implementasi Nilai-nilai Islam (Pendidikan Karakter) pada Sekolah oleh Editiawarman. Para peserta tampak antusias ikuti kegiatan, tanya jawab dari guru PAI nantinya akan diformulasikan untuk masukan dalam pengambilan kebijakan. (emie)|Mira

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW