Logo
Asrama Haji Setara Hotel Bintang Tiga Diresmikan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Asrama Haji Setara Hotel Bintang Tiga Diresmikan

RinaRisna Rabu 07, Maret 2018 | 16:09:01 wib

Dirjen PHU Nizar Ali, gubernur Sumbar, Kakanwil Kemenag Sumbar dan Wakil Ketua DPRD, Guspardi Gaus dipandu Kepala UPT meninjau Gedung Asrama yang sudah diresmikan.

Padang, Inmas—Asrama Haji Embarkasi Padang sejak tahun 2014 telah menerima kucuran dana revitalisasi pembangunan dengan anggaran SBSN Kementerian Agama RI.  Tahun 2017 Asrama Haji kembali menerima dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) empat paket pembangunan. Rabu (7/3) gedung ini diresmikan Menag RI diwakili Dirjen PHU bersama Gubernur dan Kakanwil Kemenag Sumbar.

Kepala UPT Asrama Haji, Ali Amran menyatakan empat paket yang dibangun dengan dana SBSN ini, kelanjutan pembangunan revitalisasi dengan tiga gedung penginapan, pembangunan dapur umum, pembangunan pagar dan rehab Mesjid Darul Hujjaj.  “Kamar asrama haji yang diresmikan ini setara dengan hotel bintang 3. Mengingat jamaah haji banyak lansia (lanjt usia) kita akan usahakan tempat tidur tidak lagi bertingkat. Dana yang telah dianggarkan Kementerian Agama RI tahun 2017 sebesar 11 Milyar”, papar Ali

Disamping itu, lanjut Ali Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menghibahkan aset tanah dan gedung kepada Kementerian Agama dan diterima langsung Dirjen PHU. Dengan begitu Kementerian Agama memiliki kebebasan untuk membangun dan mengembangkan asrama haji ini. Pemko Padang juga telah membebaskan tanah  didepan Asrama Haji seluas 1,2 hektar”, paparnya.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri mengatakan Asrama Haji aset berharga warga Sumatera Barat, peran dan fungsinya sangat besar. “Sebelum tahun 2006, asrama haji Padang hanya tempat transit jamaah haji, sekarang sudah menjadi embarkasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji. Diluar musim haji asrama dimanfaatkan untuk kepentingan umum terutama kegiatan keagamaan, lembaga swadaya masyarakat”, kata Kakanwil.

Dirjen PHU Niazar Ali didampingi gubernur, Kakanwil dan Wakil Ketua DPRD menandatangai Prasasti peresmian gedung asrama haji embarkasi Padang (Foto Arif Antara)

Kakanwil juga menyambut baik diresmikannya revitalisasi dan pengembangan asrama haji. Dengan harapan pelayanan terhadap jamaah haji terus mengalami peningkatan, sehingga pelayanan prima dan kepuasan jamaah haji dapat terwujud. Saya berharap peresmian ini dijadikan momentum untuk kta semua bertekad memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada duyufurrahman.

“Alhamdulillah tahun 2017 penyelenggaraan haji embarkasi Padang meraih peringkat 1 dalam bidang pelayanan umum dari Komisi Pengawasan Haji Indonesia (KPHI). Ini semua berkat kerjasama instansi dan lintas sektoral yang ikut terjun dalam mengurus haji. Mudah-mudahan ke depan pelayanan haji makin meningkat”, begitu harapan Kakanwil kepada undangan yang dihadiri Forkopinda.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, hadirnya Asrama Haji yang baru akan meningkatkan pelayanan haji. Karena selama ini tempat dan fasilitas masih terbatas, dimana satu kamar ada yang 4 dan 8 delapan orang bahkan tepat tidurnya juga bertingkat. Dengan asrama baru ini fasilitas dan kepuasan jamaah haji akan meningkat. “Kita berikan aplous untuk Kementerian Agama”, kata gubernur mengungkap terimakasihnya.

Gubernur juga berharap yang dilengkapi bukan hanya asrama tapi juga prasarana lainnya. Supaya tamu Allah yang akan berangkat  melalui kita disini bisa terlayani, mereka sehat walafiat dan dalam kondisi prima ketika pelaksanaan ibadah haji. ” Mudah-mudahan bisa dilengkapi apalagi ada tambahan tanah sekian hektar dari Pemko Padang, harap gubernur kepada Kakanwil dan Kepala UPT.

Harapa-harapan ini juga disampaikan gubernur melalui puluhan pantun yang dibacakannya sejak awal sambutannya.  Peresmian Asrama Haji olehDirjen PHU, Nizar Ali dintandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita bersama gubernur Sumbar, Kakanwil Kemenag Sumbar dan unsur Forkopinda yang hadir. RinaRisna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW