Logo
Pengurus Komite Dikukuhkan, MIN 3 Padang Gelar Kegiatan Gemas - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Pengurus Komite Dikukuhkan, MIN 3 Padang Gelar Kegiatan Gemas

Dewi Minggu 11, Maret 2018 | 10:23:11 wib

Padang (Inmas)—Menunjukan jalinan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan komite MIN 3 Kota Padang dibawah pimpinan Yul Efendi  menggelar kegiatan Gerakan Madrasah Sehat, Hebat dan  Bermartabat (Gemas), Kamis (10/03). Berawal dari rapat pemilihan komite kelas dan usulan dari beberapa pihak komite sekolah dibuatlah kesepakatan untuk ikut mensukseskan kegiatan Gemas tersebut.

Ketua panitia Rudi Alfirudiwan melaporkan terdapat lima cabang lomba yang terangkum dalam kegiatan Gemas ini. Pertama; Lomba Rangking I untuk menguji kemampuan akademik presasti para siswa diikuti 230 peserta siswa MI se Kota Padang, kedua; Lomba Menggambar, ketiga; lomba Mewarnai, jumlah peserta mewarnai dan menggambar ± 300 siswa MIN 3 Padang.

Keempat; Lomba Memasak pesertanya wali murid dari 27 Rombel MIN  Padang. Menurut Rudi khusus lomba memasak merupakan kali kedua dilaksanakan di MIN 3 Gunung Pangilun Padang dimana sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2017.  Lomba terakhir kelima; Lomba Kebersihan (K3) dinilai Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang telah di laksanakan penilaian pada hari sebelumnya, Jumat (09/03).

Diakhir sambutan Rudi menegaskan juri setiap cabang lomba merupakan juri independen diambli dari luar. Hal ini diharapkan agar lomba berjalan lancar dan penilaiannya murni tanpa ada pengaruh dari pihak manapun.

Yul Efendi  selaku Kepala MIN 3 Padang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersinergi mensukseskan acara Gemas ini.

“Acara kita tidak akan terlaksana dengan baik, tanpa ada sinergi yang baik dari semua pihak”, ujar Yul Efendi.

Yul Efendi memaparkan, keluarga besar MIN 3 Kota Padang terdiri dari 52 orang Guru dan Pegawai, 9 Orang GTT, 8 Orang PTT, jumlah siswa 974 orang dengan 27 Rombel. Dari 27 rombel, 22 rombel melakukan proses belajar mengajar pada pagi hari dan 5 rombel siang hari.

“Adanya 5 rombel masuk siang karena tidak cukup nya lokal PBM satu waktu atau pagi semuanya, melalui acara ini kami atas pimpinan  MIN 3Kota Padang menyampaikan aspirasi kepada Ibu ibu dari Ikatan Istri Anggota Dewan untuk permohonan bantuan kekurangan rombel agar para siswa kita bisa melaksanakan proses belajar mengajar pada pagi hari semuanya, mohon dibisikkan kepada bapaknya ya ibuk”, seloroh Yul Efendi di sela sambutannya.

“Semoga MIN 3 Kota Padang, makin diminati, dan dicintai masyarakat kota padang, dan semoga MIN 3 Kota Padang semakin hari semakin baik dan berjaya ditengah tengah masyarakat”, tutup Yul Efendi.

Yuliarman, SH Ketua Komite MIN 3 Kota Padang, menambahkan diharapkan dengan dilakukannyan kegiatan Gemas ini dimana salah satu cabang lombanya  Kebersihan (K3)  bisa mengantarkan MIN 3 Kota Padag menjadi Madrasah Adiwiyata tingkat Nasional.

Lebih lanjut menurut Yuliarman, barometer sekolah berprestasi dimulai dari sekolah bersih, aman dan sehat sehingga melahirkan anak anak yang cerdas dan membanggakan orangtua. Hal ini melatar belakangi keinginan komite sekolah mengadakan kegiatan Gemas ini agar MAN 3 Kota Padang menjadi Madrasah Berprestasi.

“Kegiatan ini tidak lebih dari keinginan dan inisiatif serta partisipasi dari komite sekolah sendiri, dengan harapan seluruh komite berperan meningkatkan mutu pendidikan di MIN 3 Kota Padang sehingga melahirkan anak-anak cerdas, hebat dan bermartabat”, harap Yuliarman diakhir sambutannya.

Ketua Ikatan Istri Anggota Dewan (IKIAD) Prov. Sumatera Barat Nyonya Yudi Irwan Rahim dalam sambutannya jua menyampikan hal senada. Menurut Ketua IKIAD, agar madrasah bisa didapat berjalan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi maka mutu pendidikan berbasis madrasah perlu dikembangkan namun tetap berlandaskan kepada agama.

“Globaliasasi memberikan dampak negatif terhadap anak-anak kita, untuk itu tugas kita semua dalam mengatasi ini semua, dengan mengadakan kegiatan kegiatan positif yang memancing kreatifitas siswa seperti dilakukan MAN 3 Kota Padang ini merupakan strategi ampuh menghadapi dampak negatif globalisasi saat ini”, ujar Nyonya Yudi Irwan Rahim.

“Dewasa ini antara guru dengan murid harus saling bersinergi begitu juga dengan komite sekolah, guru tanpa murid bukanlah apa apa dan begitupun sebaliknya, guru tanpa keikutsertaan wali murid atau komite sekolah proses belajar mengajar tida akan berjalan baik. Guru harus bisa menjadi contoh bagi semua murid”, tambah Nyonya Yudi Irwan Rahim lagi.

Diakhir sambutannya Ketua IKIAD berpesan, agar Pengurus Komite Sekolah memiliki keterbukaan dalam segala hal untuk menghindari prasangka prasangka  negatif.

Diakhir acara dilaksanakan pengukuhan pengurus komite oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang dihadiri Kasubbag Tata Usaha Kementerian Agama Kota Padang  Edy Oktafiandi. Meski di bawah rintik hujan rangkaian acara demi acara pembukaan kegiatan Gemas dapat terlaksana dengan baik.

Tampak hadir dalam acara pembukaan kegiatan Gerakan Madrasah Sehat, Hebat dan Bermartabat ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang dihadiri Kasubbag Tata Usaha, Istri Plt. Walikota Padang

Ketua dan Pengurus Ikatan Istri Anggota Dewan (IKIAD) DPRD Prov. Sumbar, Camat Padang Utara, Kapolsek Kec. Padang Utara, Lurah Gunung Pangilun, Kepala MI se Kota Padang, Kepala RA Ikhlas Dharma Wanita Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Pengawas RA, MI se Kota Padang . [DW]

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW