Logo
Nagari Kamang Juara Umum MTQ Kamang Baru - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Nagari Kamang Juara Umum MTQ Kamang Baru

sijunjung Senin 19, Maret 2018 | 09:22:16 wib

Muaro Sijunjung, Inmas--Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke X Tingkat Kecamatan Kamang Baru dimulai, Sabtu (17/3). Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, jum’at dan sabtu (16 s/d 17/03) bertempat di kenagarian Maloro. MTQ diikuti 148 orang dari 11 Kenagarian yang ada di kecamatan Kamang Baru.

Nagari Kamang dengan jumlah kafilah 17 orang, Nagari Kunpar 17 orang, Nagari Muaro Takung 17 orang, Nagari Sungai Lansek 17, Nagari Siaur sebanyak 17 orang, Nagari Lubuk Tarantang sebanyak 10 orang, Nagari Maloro sebanyak 15 orang, Nagari Aia Amo sebanyak 7 orang, Nagari Sungai Batung sebanyak 16 orang, Nagari Tanjung Keling sebanyak 9 orang dan Nagari Padang Tarok sebanyak 6 orang.

Pada MTQ kali ini hanya beberapa cabang yang dilombakan, Tilawah Dewasa, Tilawah Remaja, Tilawah Anak-anak dilaksanakan di Mesjid Taqwa, Tartil Umum, Tartil menengah dan Tartil dasar dilaksanakan di mesjid Baitul Karim, khutbah jum’at dan MSQ dilaksanakan di SDN 17 ujar Kepala KUA Kamang Baru Heranto.

Pada acara pembukaan dihadiri Forkopimca Kecamatan Kamang Baru, anggota DPRD Sumbar Marlina Suswanti, Kasi Bimas Islam Kankemenag Sijunjung Asrizal, Kepala KUA Kecamatan Kamang Baru Heranto, IPHI, MUI, Kepala Sekolah/ Madrasah dan Wali Nagari yang ada di kecamatan Kamang Baru serta Ninik Mamak dan Tokoh masyarakat yang ada di kenagarian Maloro.

MTQ ke X Tingkat Kecamatan Kamang Baru ini dananya berasal dari sumbangan instansi/lembaga pemerintah dan swasta yang ada di kecamatan Kamang Baru serta sumbangan dari masyarakat ujar ketua panitia Kaharudin dalam laporannya MTQ ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi dan pembelajaran yang diberikan kepada masyarakat agar mereka lebih termotivasi untuk belajar dan membaca Al qur’an sehingga bisa mewujudkan gerakan masyarakat bebas buta baca tulis Al Qur’an dan ujar Staf Ahli Bupati Sijunjung, Syahriyal dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara MTQ tersebut secara resmi.

Lebih lanjut beliau menyampaikan MTQ tingkat kecamatan ini merupakan langkah awal untuk mencari bibit baru untuk diorbitkan pada MTQ Tingkat Kabupaten karena itu beliau berpesan kepada Dewan Juri agar selektif dan obyektif dalam menilai peserta dan kepada peserta diharapkan agar berusaha tampil secara maksimal dengan mengerahkan kemampuan yang dimiliki.

Pada hari sabtu ba’da ashar dilaksanakan acara penutupan secara resmi yang dihadiri DPRD Kabupaten Sijunjung. Laporan panitia yang disampaikan Kepala KUA Kamang Baru kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar berkat adanya dukungan moril dan materil dari pemerintah dan masyarakat Kecamatan Kamang Baru.

Sedangkan menurut Camat Kamang Baru, David Rinaldo dalam sambutannya mengatakan bahwa MTQ merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Gerakan Masyarakat Magrib Mangaji (GEMMAR Mengaji) yang dicanangkan pemerintah pusat dan merupakan ajang penseleksian kafilah untuk MTQ Tingkat Kabupaten, tapi tidak mesti yang juara yang jadi kafilah. Namun bagi yang tidak terpilih jangan berkecil hati, jadikan hal itu sebagai cambuk untuk memacu semangat agar lebih baik pada masa yang akan datang.

MTQ kali ini ditutup secara resmi Anggota DPRD Sijunjung Sarikal yang mengingatkan bahwa MTQ bukan sebagai ajang untuk mengejar prestise ataupun prestasi tetapi sebagai wadah untuk pembelajaran dalam memahami dan mendalami Al Qur’an sehingga bisa lebih mencintai Al Qur’an Lebih lanjut beliau menganjurkan kepada para Wali Nagari dan BPN agar mau membuat Peraturan Nagari yang mewajibkan masyarakat untuk membaca Al Qur’an minimal satu hari satu ayat.

Di penghujung acara pembacaan SK dewan juri tentang pemenang – pemenang lomba yang dibacakan Emriadi yang menyebutkan dari semua cabang yang dilombakan yang menjadi juara umum 1 Nagari Kamang dengan nilai 48 poin (6 Juara I, 5 Juara II dan 3 Juara III), Juara Umum II diraih oleh Nagari Kunpar dengan nilai 43 poin (6 Juara I, 3 Juara II dan 4 Juara III) dan juara umum III dengan nilai 12 poin (1 Juara I, 2 Juara II dan 1 Juara III) diraih oleh nagari Sungai Batuang ucapnya. (JOEY/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW