Logo
Resmikan Tujuh Gedung KUA di Sumbar, Menag Tekankan PTSP - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Resmikan Tujuh Gedung KUA di Sumbar, Menag Tekankan PTSP

RinaRisna Jumat 23, Maret 2018 | 16:55:52 wib

Padang, Inmas—Rapat kerja di lingkungan Kementerian Agama merupakan forum dimana diteguhkannya program pembangunan umat dengan mengimplementasikan ruh 5 nilai budaya kerja. Demikian diungkapkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin saat membuka Rapat Kerja (Raker) Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Jumat, (23/3) di Aula Pagaruyuang Hotel Rocky Padang.

“Nilai budaya kerja ini tidak hanya untuk diteriakkan, akan tetapi harus diaplikasikan dan menjadi penyemangat seluruh warga kementerian agama dalam menjalankan tugas dan amanah yang diembannya”, sambungnya.

“Dengan demikian 5 nilai budaya kerja tidak sekedar yel yel, akan tetapi telah menginternalisasi dalam jiwa seluruh karyawan kementerian agama”.

Lebih lanjut mantan anggota DPR RI dari fraksi PPP ini mengatakan bahwa Kementerian agama harus bisa membangun sistem pelayanan yang memberi rasa nyaman bagi umat. Misalnya pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) berbasis aplikasi elektronik. Ini wajib ada bagi setiap kanwil di seluruh Indonesia.

Menag menegaskan agar sistem ini segera dilaunching di Kanwil Kemenag Sumatera Barat. Selanjutnya Lukman Hakim Syaifuddin (LHS) mengarahkan agar orientasi seluruh program yang dirancang Kemenag adalah mengurusi dan memberikan pelayanan terbaik utk masyarakat. Ini merupakan kewajiban seluruh ASN Kemenag,tegas Menteri Agama.

“Kalaupun ASN tidak memiliki kewenangan eksekusi dalam upaya memberikan pelayanan terbaik untuk umat, mestinya mampu mencarikan dan memberikan solusi terbaik”, pinta LHS.

Perlu diingat, ujar Menteri Agama, bahwa diadakannya institusi Kementerian Agama oleh pendiri bangsa ini pada dulunya adalah dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan agar menjadi lebih baik.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam sambutan sebelumnya berharap agar program yang dihasilkan dalam raker merupakan program yang terintegrasi.

Pada kesempatan ini Gubernur menyampaikan dukungannya pada seluruh program Kementerian Agama khususnya kanwil kemenag sumbar, dalam rangka  mewujudkan kemaslahatan rakyat sumbar.

Kedepannya gubernur berharap agar pelayanan terhadap kebutuhan umat lebih ditingkatkan. Misalnya dalam pelayanan haji. Walaupun secara umum sudah bagus, gubernur berharap kiranya lebih ditingkatkan agar jamaah jauh lebih nyaman dalam beribadah.

Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri dalam eksposnya di awal acara menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Menteri Agama karena karena telah menganggarkan dana besar pembangunan sarana keagamaan di Sumatera Barat.

Terakhir di penghujung acara, Menteri Agama didampingi gubernur dan Kakanwil Kemenag Sumbar meresmikan tujuh gedung KUA SBSN ditandai dengan penandatanganan dan menekan tombol sirine. Di moment yang sama Kanwil Kemenag juga menadatangani MoU (kerjasama) dengan BKKBN dan IAIN Batusangkar.

Masih di momen Raker Kemenag Sumbar, Menteri Agama juga menyerahkan bantuan untuk Mesjid Baiturrahman Payobasuang Payakumbuh sebesar Rp. 133.445.000 kepada pengurus mesjid didampingi Kakan Kemenag Payakumbuh Asra Faber. Bantuan ini berasal dari sumbangan ASN Kemenag se Sumatera Barat. (RinaRisna)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW