Logo
Kemenag Sumbar Akan Rekrutmen Petugas Haji Melalui CAT - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kemenag Sumbar Akan Rekrutmen Petugas Haji Melalui CAT

RinaRisna Senin 02, April 2018 | 11:40:49 wib

Padang, Inmas—Proses penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439 H/2018 M masih dalam hitungan beberapa bulan ke depan. Namun berbagai persiapan telah dilakasanakan Kantor wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat. Hari ini, Kamis (29/3) dilaksanakan tes rekrutmen calon petugas haji  serentak di 19 kabupaten/kota termasuk di Kanwil sendiri tepat pukul 08.00 WIB.

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri saat diwawancara usai meninjau pelaksanaan tes di Aula Amal Bhakti II Kanwil Kemenag menjelaskan tes rekrumen petugas haji hari ini masih tahap I. Yang lulus pada tahap I hari ini akan mengikuti tes tahap II tingkat Provinsi Sumatera Barat. Tes rekrutmen tahap dua ini akan dilaksanakan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

“Rekrutmen calon petugas haji tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena untuk tingkat provinsi akan dilaksanakan melalui sistem komputer. CAT salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kompetensi petugas haji. Ini perdana dilaksanakan diSumatera Barat”, ungkap Kakanwil di Ruang Kerjanya.

Kakanwil juga menjelaskan peserta yang mengikuti tes hari ini, mereka yang telah lulus Seleksi adiministrasi yang bobotnya 40 persen, sementara test tertulis bobot nilainya 60 persen.  “Tes calon petugas ini sangat penting untuk menyaring dan menyeleksi calon petugas haji sesuai dengan harapan pemerintah dan jamaah haji itu sendiri”, ungkap Mantan Kakan Kemena Agam ini.

Kakanwil sangat berharap dengan adanya tes calon petugas ini akan melahirkan petugas yang berkualitas dan profesional. “Profesional dalam artian, dia (petugas_red) menguasai tugas pokoknya, komit menjalankan tugas sesuai peraturan perundangan yang berlaku dan maksimal memberikan pelayanan kepada jamaah haji”, tutup Kakanwil yang baru dilantik kurang lebih tiga bulan.

Sebelum meninjau pelaksanaan tes di Kanwil, H. Hendri sudah lebih dahulu membuka tes calon petugas haji di Kankemenag Kota Padang. Sebelum kedatangan Kakanwil, H. Azmi pengawas ujian di Kanwil menjelaskan tes rekrutmen diikuti 16 peserta, 6 (enam) orang untuk TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesi) atau disebut juga dengan ketua kloter. Tiga orang untuk TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji) dan 6 (enam) orang lagi untuk PPIH Arab Saudi.

“Bagi peserta yang lulus ujian tes rekrutemen calon petugas haji ini akan megikuti tes tahap II tingkat provinsi Sumatera yang akan dilaksanakan beberapa waktu setelah tes tahap II. Bagi petugas THI dan TPIHI akan mendampingi 12 kloter jamaah Sumatera Barat bersama tim kesehatan dan TPHD. Sementara PPIH Arab Saudi ataun non kloter quota untuk Sumatera Barat hanya 5 orang”, terang Azmi. RinaRisna

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW