Logo
Bermuzakarah dengan Pimpinan Pondok, Hendri : Pondok Harus Miliki Tiga Instrumen - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Bermuzakarah dengan Pimpinan Pondok, Hendri : Pondok Harus Miliki Tiga Instrumen

Syafrial Rabu 04, April 2018 | 15:12:24 wib

Bukittinggi, Inmas--Kantor Wilayah Kantor Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat mengadakan muzakarah bersama Pimpinan Pondok Pesantren, Kasi PD. Pontren se-Sumatera Barat, Rabu (04/04/2018) bertempat di Pondok Pesantren M. Nadis Kota Bukittinggi.

Kegiatan yang bertemakan Pontren Bermushab (Bermuzakarah Satu Hari Akhir Bulan) dihadiri Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri, Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar, Kabid Pakis Kardinal, Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda dan Kodim 03/04 Agam.

H. Kardinal sebagai panitia menyampaikan bidang pakis pada tahun 2018 ini menelurkan lima program inovasi disamping program-program lainnya Kabid menyapa, Ngopi (Ngobrol Pendidikan Islam), PAI Berdidikasi, PD. Pontren Bermushab dan Memberikan reword Kasi PD. Pontren serta Operator Emis Yang Cepat menanggapi.

"Tujuan kegiatan MUSHAB kita kali ini untuk bersilaturahmi sambil menjalin kerjasama antara tokoh-tokoh Pimpinan Pondok Pesantren se-Sumatera Barat serta mengantisipasi gejala-gejala negatif  seperti paham Radikalime yang masuk wilayah kita sembari merawat tradisi mengawal inovasi", tuturnya

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat H. Hendri menyampaikan bahwa Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia, ikut serta memperjuangkan kemerdekaan sekaligus mengisinya dengan hal-hal yang positif.

"Dari Pondok Pesantren lahir birokrat, Politisi, Dokter dan sebagainya. menurut data yang kita dapat di Sumatera Barat terdaoat 215 Pondok Pesantren dengan 23 diantaranya salafiyah yang memakai metode pembelajaran kitab Kuning", tutur H. Hendri

Lanjutnya, ada tiga peran yang harus dimiliki Pondok Pesantren, Instrumen sebagai pengembangan pendidikan, Instrumen pengembangan keagamaan dan insrtumen pengembangan pranata sosial. (Syafrial/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW