Logo
Kanwil Kemenag Siap Bersinergi Realisasikan UU Jaminan Produk Halal - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kanwil Kemenag Siap Bersinergi Realisasikan UU Jaminan Produk Halal

RinaRisna Kamis 05, April 2018 | 14:41:25 wib

Padang, Inmas--Kepala Pusat Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan sosialisasi Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Sosialisasi yang dihadiri Kepala Bidang bersama Kasubbag di lingkungan Kanwil, serta seluruh Kepala Kankemenag Kab/Kota dilaksanakan di ruangan kerja Kakanwil.

Sosialisasi dilakukan langsung Kepala BPJPH Kementerian Agama Republik Indonesia, Nifasrin beserta Kasubdit Standar Halal, Hariadi. Pada kesempatan ini, Kapus mengapresiasi respon positif yang diberikan Kakanwil beserta jajarannya atas terlaksananya acara tersebut.

Menurut Kapus, ada beberapa hal yang menjadikan Sosialisasi dan Realisasi UU No. 33 ini urgen (penting). Pertama memberikan kepastian hukum terhadap ketersediaan produk halal. Kedua, memberikan keamanan dan kenyamanan serta perlindungan terhadap makanan, minuman, obat-obatan, kosmetika dan barang gunaan. Ketiga, meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk halal Indonesia di dalam &  luar negeri.

Selanjutnya, kata Kapus, yang keempat memberikan keuntungan timbal balik dalam perdagangan produk halal Internasional. Dan yang terakhir bisa menumbuhkan kerjasama internasional dalam perdagangan produk halal. Dengan kata lain, Halal sudah menjadi kebutuhan dunia pada umumnya.

“Hal ini dibuktikan juga dengan diakuinya jaminan halal oleh WTO (World Trade Organization), organisasi internasional yang mengawasi banyak persetujuan yang mendefinisikan aturan perdagangan dunia”, papar Nifasrin.  Dalam hal realisasi konkrit UU ini, Kapus menegaskan bahwa sedang menunggu disahkannya PMA dan PP terkait.

Dikatakan Putra Maek Limapuluh Kota ini, keberadaan UU No. 33 ini tidak serta merta menghilangkan peran MUI sebagai organisasi yang mengeluarkan sertifikasi Halal sebelumnya. Sebaliknya, UU ini mempertegas peranan MUI.

Selain itu ia juga menyatakan bahwa baik sosialisasi maupun pembinaan serta pengawasan mengenai realisasi UU ini juga akan melibatkan seluruh Penyuluh Agama Islam yang ada di lingkungan Kementerian Agama.

Senada dengan Kapus, Kakanwil Kemenag Sumbar menyatakan siap bersinergi dengan Kapus BPJPH untuk mensukseskan dan merealisasikan UU ini. Kakanwil juga berharap Sumatera Barat bisa menjadi contoh yang baik dalam . merealisasika undang-undang tentang produk halal ini.

Acara sosialisasi juga ditutup dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan Kapus BPJPH. Usai sosialisasi Kakanwil bersama Kabid dan Kakan Kemenag melanjutkan rapat dinas di tempat yang sama. (Voni/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW