Logo
CAT Perdana Sukses, Kakanwil Harapkan Petugas Haji Tingkatkan Indeks Kepuasan Jamaah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

CAT Perdana Sukses, Kakanwil Harapkan Petugas Haji Tingkatkan Indeks Kepuasan Jamaah

RinaRisna Kamis 12, April 2018 | 17:28:41 wib

Peserta seleksi petugas haji terlihat serius mengikuti seleksi CAT berbasis android, Kamis (12/4) di Aula Amal Bhakti (Foto : Rina)

Padang, Inmas—Setelah mengadakan seleksi rekrutmen petugas haji 2018 tahap I tingkat kabupaten/kota awal April lalu, hari ini Kamis (12/4) Kanwil Kemenag Sumbar kembali menggelar seleksi tahap II di Aula Amalbhakti kantor setempat.

 Seleksi tahap II (tingkat provinsi) ini dilaksanakan melalui sistem CAT (Computer Asisted Test) yang diselenggarakan serentak se Indonesia pukul 09.00 WIB. Untuk Sumatera Barat pelaksanaan seleksi petugas haji dipantau langsung tim Irjen dan Tim Dirjen PHU Kementerian Agama RI.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Afrijal menyampaikan seleksi tahap II ini diikuti 58 peserta, satu diantaranya tidak ikut ujian karena mengundurkan diri. 20 orang diantaranya, TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesi) atau disebut juga dengan ketua kloter, 24 orang untuk TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji) dan 10 orang lagi untuk PPIH Arab Saudi.

Tujuan menyaring dan menyeleksi calon petugas sesuia dengan yang diharapakan pemerintah sehingga indeks kepuasan jamaah meningkat. Memperoleh petugas haji yang berintergritas, profesional dan bertanggung jawab. Sementara tahapan tes, Seleksi Administrasi, seleksi CAT dan seleksi praktek melalui wawancara yang dilaksanakan setelah seleksi CAT.

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri yang membacakan sambutan Dirjen PHU, mengatakan Rangkaian kegiatan rekrutmen petugas ini kami nilai sangat penting, karena bagian dari proses penyelenggaraan ibadaha haji. “Seleksi ini juga dalam rangka memperoleh petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik”, ungkap Kakanwil.

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri didampingi panitia Joben saat melakukan tes praktek dan wawancara kepada salahseorang peserta TPIHI, Rifki di Ruang Kerjanya (foto Voni)

“Tahun ini kita mengadakan seleksi dengan pola CAT  yang merupakan inovasi dengan beberapa unggulan. Selain menghemat anggaran negara peserta tidak repot lagi melingkari jawaban. Disamping mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil seleksi, ini semua merupakan upaya menciptakan standarisasi seleksi dan mewujudkan sistem yang transparansi, objektif dan akuntabel”, papar Mantan Kakan Kemenag Agam dan Pariaman ini.

Selesai membacakan sambutan Dirjen, Kakanwil berpesan kepada seluruh peserta  seleksi terutama bagi lulus nanti, jangan terlalu berbesar hati karena didepan sudah menunggu tugas berat tapi mulia karena bapak dan ibu akan menyertai jamaah haji.

“Ini tidaklah ringan, yang namanya pelayan tentu harus memberikan yang maksimal untuk tuan yang dilayani  yaitu duyufurrahman. Kita harus bangga, karena tidak semua orang bisa melayani dhuyufurrahman hanya orang yang dipanggil Allah. Untuk itu maksimalkan semuanya mulai tenaga, kesehatan, kompetensi, pikiran/ide-ide untuk membantu jamaah haji”, harap Kakanwil.

Panitia Seleksi Yudi disaksikan tim irjen membantu peserta membuka aplikasi CAT yang mengalami sedikit gangguan di handphonenya (foto Rina)

Terakhir Kakanwil juga menitipkan harapan kepada semua petugas agar pelayanan yang diberikan bisa meningkatkan indeks kepuasan jamaah. Karena dari tahun ke tahun indeks kepuasan jamaah terus meningkat. “Berdasarkan survei BPS Tahun 2016, indeks kepuasan jamaah mencapai 83,05 persen. Tahun 2017 meningkat 84,85 persen, sementara tantangan cukup berat dengan penambahan quota sebesar 10 persen”,  pungkas Kakanwil.

Lima menit sebelum ujian semua peserta sedikit sibuk membuka aplikasi berbasis android tersebut. Walaupun ada satu atau dua peserta yang sedikit mengalami gangguan di handphone-nya namun tidak mengganggu proses seleksi. Setelah menjawab 100 soal, peserta bisa langsung mengetahui niali yang diperolehnya. RinaRisna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW