Logo
UASBN PAI Kota Sawahlunto Diikuti 1753 Siswa - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

UASBN PAI Kota Sawahlunto Diikuti 1753 Siswa

ZULFAHMI Senin 16, April 2018 | 15:05:41 wib

Sawahlunto,Inmas-Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tahun ajaran 2017/2018 di Kota Sawahlunto diikuti 1753 orang siswa SD dan SMP baik negeri maupun swasta. Hal itu disampaikan Kepala seksi Pendidikan Agama Islam, Junaidi saat dimintai keterangan di ruang kerjanya, Senin (16/4).

"UASBN  khusus mata pelajaran PAI baik untuk SD maupun SMP digelar secara serentak hari ini dan berjalan lancar," ujar Junaidi tanpa merinci berapa peserta masing-masing UASBN SD dan SMP.

Terkait pemeriksaan soal ujian PAI SMP dilakukan di dua tempat, yakni Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto dan Dinas Pendidikan, sedangkan untuk pemeriksaan hasil ujian PAI SD akan dilaksanakan Kamis besok.

Ditambahkannya, untuk pemeriksaan soal telah dibentuk tim yang terdiri dari utusan sekolah masing-masing yang di SK-kan Kakankemenag Sawahlunto. Tim dimaksud diketuai langsung Kepala seksi Pendidikan Agama Islam. Selanjutnya tim bertugas hanya memeriksa soal ujian kategori Essay, sedangkan soal objektif lainnya diperiksa di Dinas Pendidikan setempat melalui sistem komputerisasi, demikian dijelaskan Pengawas PAI, Yusmaini sewaktu mengawasi pemeriksaan soal Essay di Aula Kemenag Sawahlunto.

Sementara dihari yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto memberikan apresiasi kepada Kepala SMPN 01, Luthfi Nursyamsi yang telah sukses menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolahnya.

Selain itu, Kakankemenag juga berpesan, jajaran SMPN 01 hendaknya sedapat mungkin bisa pula menyelenggarakan wisuda tahfiz sebagaimana rencana program yang telah disusun melalui Guru PAI sebelumnya.

“Kalau bisa ada wisuda tahfiz di sekolah ini, walaupun hanya beberapa orang,” kata Kakankemenag saat monitioring UASBN mata pelajaran PAI di SMPN 01 Sawahlunto. 

Sekedar diketahui, untuk memantau pelaksanaan UASBN SD dan SMP, Kemenag Sawahlunto  membentuk tim yang terdiri dari Kakankemenag, kepala seksi terkait beserta pengawas PAI. Tim tersebut ditugaskan melakukan monitoring ke berbagai sekolah yang ditentukan dengan membawa beberapa instrumen sebagai bukti ke lapangan sekaligus pelaporan. (f@hmi)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW