Logo
Kakankemenag Sawahlunto Ajak Tokoh Bersama Bangun Suasana Kondusif Keagamaan Di Masyarakat - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kakankemenag Sawahlunto Ajak Tokoh Bersama Bangun Suasana Kondusif Keagamaan Di Masyarakat

ZULFAHMI Senin 16, April 2018 | 16:25:34 wib

Sawahlunto,Inmas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto, H.Marjanis mengajak tokoh masyarakat bersama-sama membangun suasana kondusif keagamaan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Hal itu ia sampaikan sewaktu menanggapi pertanyaan salah seorang Kepala desa yang bertanya tentang pro kontra pendirian kelompok yasinan di daerahnya pada acara rapat koordinasi Kecamatan Barangin sekaligus sosialisasi faham radikalisme yang dimotori Polres Kota Sawahlunto di Aula Camat setempat, Senin (16/4).

Disamping itu, Kakankemenag juga meminta Kepala desa, Lurah, Kepala dusun, Ketua RT beserta tokoh masyarakat yang hadir pada acara tersebut supaya tidak serta merta menerima mubaligh yang datang dari daerah luar apalagi jika bersangkutan tidak mengenal budaya daerah setempat.

Menyangkut faham radikalisme, Kakankemenag Sawahlunto selaku narasumber mengemukakan, semua insan memiliki potensi untuk menciptakan radikalisme ditempat tinggalnya sepanjang manusia itu berlaku tidak adil kepada seseorang.

“Mulailah dari diri sendiri dan keluarga untuk tidak menciptakan radikalisme,” kata H.Marjanis.

Oleh sebab itu, Kakankemenag menghimbau umat islam khususnya agar masuk ke dalam islam secara menyeluruh (kaffah) dan kehadirannya menjadi rahmat bagi sekalian alam.

“Agama itu adalah faham dan orang yang faham tidak akan melakukan radikalisme,” tambahnya.

“Banyak orang yang berilmu dan mengetahui islam namun tidak faham, sehingga mereka merusak agama yang menjurus kepada radikalisme,” ujar Kakankemenag.

Sementara itu, Camat Barangin Zainul Arizal menjelaskan, selain rapat koordinasi kecamatan pun dibarengi sosialisasi token listrik dari PLN, radikalisme dari kepolisian serta persiapan lomba dari dinas kesehatan. (f@hmi)

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW