Logo
Isra' Mi'raj dan Inovasi Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sumbar - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Isra' Mi'raj dan Inovasi Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sumbar

Voni Kurniawati Rabu 18, April 2018 | 17:13:03 wib

Padang, Inmas—Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kantor Wilayah Kementerian Agama ditunjuk sebagai pelaksana peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad, SAW pada Selasa (17/04) bertempat di Aula Amal Bakti I Kanwil. Pelaksana menyebar beberapa undangan baik untuk internal Kanwil maupun eksternal Kanwil. Dari internal Kanwil Kemenag dihadiri Plt. Kabag TU, seluruh Kabid, Kasubbag dan Kasi, serta ASN Kanwil.

Ketua Dharmawanita Kanwil beserta pengurusnya, seluruh Kankemenag Kab/Kota, Kepala KUA se-Padang, penyuluh agama islam fungsional (PAIF)dan penyuluh agama islam honorer (PAH) Padang turut hadiri acara peringatan tersebut.

Undangan yang datang dari lingkungan diluar (eksternal) Kanwil berasal dari beberapa Instansi Pemerintah Tk.I dan pihak swasta. Kehadiran undangan ini tidak terlepas dari hubungan kerjasama yang telah dijalin sebelumnya oleh Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri melalui Penyuluh Agama Islam Kanwil dalam bentuk pembinaan di instansi-instansi tersebut.

Parlaungan, penyuluh agama islam Kanwil, dalam laporannya kepada hadirin yang hadir bahwa diantara hadirin hadir tamu undangan dari berbagai instansi Tk.I dan Swasta yaitu Kejaksaan Tinggi Sumbar, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, Dinas Balai Sungai Wil. V, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina, Dinas Sosial Provinsi, Dharmawanita Provinsi Sumbar, Dharmawanita Persatuan UIN Imam Bonjol, Mapolda Sumatera Barat beserta perwakilan ASN masing-masing instansi.

“Instansi-instansi ini telah menjalin kerjasama dengan Kanwil Kemenag Sumbar melalui penyuluh agama islam Kanwil dalam bentuk kegiatan Pondok Al-Qur’an Mambaul Ikhlas,” ujar Parlaungan.

Dalam laporannya, Parlaungan mengatakan ada empat (4) agenda dalam momen Isra’ Mi’raj ini. Pertama, peresmian dan pengukuhan pengurus Pondok Al-Qur’an Mambaul Ikhlas binaan Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kanwil Kemenag Sumbar.

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri mengukuhkan Pengurus Pondok Al-Qur'an Mambaul Ikhlas. Bakri, Parlaungan, H. Indra Hadi dan Nurliani mendengarkan arahan Kakanwil. (foto Voni)

Kedua, pengukuhan pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Provinsi Sumatera Barat. Ketiga, penandatanganan nota kesepahaman (MOU) Kanwil Kemenag dengan BPJS yang dihadiri Kepala BPJS Cab. Padang, Sistri Sembodo. Keempat, penandatanganan nota kesepahaman dengan RRI dilakukan Kepala LPP RRI Padang, Enderiman Butar Butar.

Sambutan Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Sumbar, Bambang Sutrisna di Aula Amal Bakti I Kanwil Kemenag Sumbar. (foto Voni)

Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi, Bambang Sutrisna menyempatkan diri menghadiri acara ini sebagai perwakilan dari pimpinan Kejati Sumbar. “Berkaitan dengan Isra’ Mi’raj kita bisa mengambil hikmah lain dari ibadah shalat yaitu kedisiplinan yang bisa melatih dan mendidik kita menjadi insan yang lebih baik,” ujar Bambang dalam sambutannya.

Secara spesifik, Bambang menghimbau agar kedisiplinan ini juga diterapkan dalam penggunaan anggaran oleh masing-masing SKPD sehingga tidak bertentangan dengan peraturan yang ada.

Berkenaan dengan peresmian Pondok Al-Qur’an Mambaul Ikhlas, Jaksa Utama Pratama tersebut menyatakan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri yang telah bersedia membina dan menjalin kerjasama dengan Kejati Sumbar. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,” tuturnya.

“Terima kasih kami ucapkan atas kehadiran pimpinan dari instansi Kejaksaan Tinggi Sumbar, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, Dinas Balai Sungai Wil. V, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina, Dinas Sosial Provinsi, Dharmawanita Provinsi Sumbar, Dharmawanita Persatuan UIN Imam Bonjol, Mapolda Sumatera Barat beserta perwakilan ASN masing-masing instansi,” ujar Kakanwil Kemenag dalam arahannya.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga mengucapkan selamat kepada pengurus Pondok Qur’an yang diketuai Bakri dan pengurus FKPAI yang diketuai Syaifuddin Zuhri Daulay. “Semoga pengurus amanah dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Kakanwil.

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri mengukuhkan Pengurus FKPAI Provinsi Sumbar. Dari kiri ke kanan, Syaifuddin Zuhri, Parlaungan, Bakri, M. Lutfi dan Abadi. (foto Voni)

“FKPAI Provinsi dibentuk dengan tujuan agar bisa mengorganisir dan membawahi PAIF dan PAH sehingga bisa bekerja lebih maksimal, terarah dan produktif karena penyuluh merupakan ujung tombak Kementerian Agama,” papar H.Hendri.

Peringatan Isra’ Mi’raj dan pelaksanaan 4 agenda kegiatan tersebut ditutup dengan penampilan Haflatul Qur’an penyuluh agama islam dan santri binaannya serta penampilan kesenian Shalawat Dulang. (voni)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW