Logo
MAN Pariaman Gelar Perpisahan dan Wisuda Tahfiz Kelas XII - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MAN Pariaman Gelar Perpisahan dan Wisuda Tahfiz Kelas XII

MAN Kota Pariaman Kamis 19, April 2018 | 15:03:15 wib

Pariaman, (Inmas) – Setiap tahunnya, setiap sekolah mengadakan acara perpisahan yang dianggap sebagai acara terakhir bagi siswa/i dengan gurunya. Kegiatan ini merupakan acara seremonial yang setiap tahunnya dilakukan MAN Pariaman. Tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dipadukan dengan kegiatan wisuda Tahfiz bagi kelas XII.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Kemenag Pariaman H. Muhammad Nur, MA, Ketua STIT Kota Pariaman, Sekretaris Dinas Pendidikan Pariaman, seluruh kepala madrasah se Kota Pariaman serta para siswa dan alumni MAN Kota Pariaman, kamis(19/4/2018) di halaman MAN Kota Pariaman.

Dalam sambutannya, kepala MAN Kota Pariaman Zalkhairi, S.Ag mengatakan bahwa perpisahan tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya, karena dipadukan dengan wisuda tahfiz bagi kelas XII yang telah menamatkan pendidikannya di MAN Kota Pariaman.

“Wisuda Tahfiz bagi kelas XII tahun ini adalah perdana kali dilaksanakan di MAN Kota Pariaman. Mudahan-mudahan kegiatan ini dapat berlanjut pada tahun-tahun berikutnya”, ujar Zalkhairi.

Selain itu, Zalkhairi menambahkan bahwa wisuda tahfiz yang dilaksanakan merupakan implementasi dari agenda Rapat Kerja Kanwil Kemenag Sumbar, yakni melahirkan 1000 orang tahfiz.

Menurut Zalkhairi, perpisahan bukan sekedar antar guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan sekolah, akan tetapi merupakan awal untuk melanjutkan cita-cita dan harapan yang dimiliki oleh setiap siswa/i, sesuai dengan minat dan prestasi yang dimiliki.

“Perpisahan ini harus menjadi momentum keberhasilan siswa, sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya, dimana tugas dan tantangan yang harus dihadapi lebih berat dan lebih kompleks”, ujar Zalkhairi.

Disamping itu, Kepala Kemenag Kota Pariaman M. Nur berharap bahwa ada tiga hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan para siswa setelah menyelesaikan pendidikannya di Madrasah, yaitu hormatilah orang tua dan guru, aplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama belajar di Madrasah dan lanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi lagi.

 “Semoga dengan adanya acara ini, sebagai pembangkit semangat siswa/i untuk meraih cita-cita dan meraih masa depan yang gemilang sesuai dengan talenta dan minat masing-masing. Setelah perpisahan ini, diharapkan para siswa dapat meraih cita-cita dengan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri seperti UNAND, UI, UNP, UGM, ITB, dan universitas negeri lainnya yang ada di Indonesia ini”, ujar M. Nur.

Selain itu, M.Nur berharap bahwa siswa MAN Kota Pariaman yang lulus hendaknya memiliki integritas yang tinggi, kejujuran, memiliki kompetensi bahasa dan mempunyai keahlian sebagai siswa Madrasah.(Af)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW