Logo
Siswa MTsN 1 Pariaman Mendapatkan Imunisasi Difteri dari Dinas Kesehatan Pariaman - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Siswa MTsN 1 Pariaman Mendapatkan Imunisasi Difteri dari Dinas Kesehatan Pariaman

Delsi Sofia, S. Pd. Jumat 20, April 2018 | 10:56:57 wib

Pariaman,Inmas--Tim Dinas Kesehatan Pariaman yang terdiri dari 25 orang memberikan imunisasi difteri kepada siswa kelas VII dan VIII MTsN 1 Pariaman pada Kamis (19/ 04). Kegiatan ini diadakan di kelas masing-masing yang terdiri dari lima belas kelas, yaitu 7 ruangan kelas VIII dan 8 ruangan kelas VII.

“Imunisasi difteri ini sangat penting dilakukan kepada anak usia 0 s.d. 15 tahun untuk mencegah penyebaran penyakit menular difteri yang akhir-akhir ini mewabah di masyarakat. Penyakit difteri ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, imunisasi ini perlu diberikan kepada anak agar tidak bisa terjangkit penyakit menular tersebut,” jelas Nia, Tim Dinas Kesehatan yang sehari sebelumnya memberikan sosialisasi kepada seluruh siswa tentang pentingnya pemberian imunisasi difteri kepada anak di halaman madrasah.

Pemberian imunisasi difteri ini adalah program Menteri Kesehatan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pemberian imunisasi ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu pada bulan April dan Juli 2018, tahap terakhir di Februari 2019. Hal ini bertujuan untuk melindungi anak dan keluarga dari bahaya difteri karena difteri sangat menular dan dapat meyebabkan kematian.

Sehari sebelum imunisasi ini dilakukan, MTsN 1 Pariaman memberikan surat kepada orang tua siswa tentang persetujuan pemberian imuniasi ini terhadap anaknya. “Hal ini bertujuan agar nantinya tidak ada tuntutan kalau seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setelah pemberian imunisai ini karena yang namanya imunisasi tentu ada dampaknya bagi anak, tergantung kekebalan tubuh si anak tersebut. Jadi, kalau ada orang tua yang tidak setuju, maka anaknya tidak diberikan imunisasi difteri tersebut, “ jelas Nur Eliwati Kepala MTsN 1 Pariaman.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Pariaman yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk memberikan imunisasi difteri kepada siswa MTsN 1 Pariaman. Semoga dengan pemberian imunisasi ini, semua siswa kami terhindar dari penyakit menular difteri tersebut. Amin,” harapan Nur Eliwati. (Delsi/Voni)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW