Logo
Pemko Pariaman Peringati Upacara Hardiknas - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Pemko Pariaman Peringati Upacara Hardiknas

RITA ROYANI,S.Ag Rabu 02, Mei 2018 | 22:50:36 wib

Pariaman Inmas, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bertindak sebagai Inspektur  Upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada  tanggal 2 Mei di halaman kator balai Kota Pariaman Rabu (2/5).

Hadir pada Upacara ini Setdako Pariaman, Wakil Ketua DPRD, Kakankemenag diawakili oleh Kasubbag TU beserta jajaran, , Ketua Pengadilan Negeri Kelasa IB, Ketua Pengadilan Agama , Kapolsek Pariaman, Ketua TP PKK, Ketua Dharmawanita  beserta anggota, OPD, dan siswa siswi mulai SD,SLTP,SLTA denga komandan upacara Buyung (kepala SD No 04 Cubadak Air).

Walikota dalam sambutannya membacaka pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi  yang mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Maksudnya adalah marilah kita jadikan peringatan Hari Pendidikan Nasional ini sebagai momentum untuk merenugkan hubunga erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktek pendidikan sebagaimana yang telah dicetus oleh KH Dewantara yang kita kenal sebagai Bapak Pendidikan.

“Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan Nasional Indonesia . Kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kuat, pendidika subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia”,demikian penekanan pidato Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang disampaikan  Wako Pariaman.

Wako menyambung  Peringatan Hari Pendidikan Nasional  kali ini mari kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi atau refleksi terhadap usaha-uasaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman terpisah disampaikan  Kasubbag Tu Dedi Wandra  menegaskan bahwa peringatan Hari Pendidikan  Nasional ini mengingatkan kembali betapa besar jasa dan pengorbanan dari seorang KH  Dewantara seorang tokoh pendidikan Indonesia yang pemikirannya menjadi cikal bakal tumbuhnya pendidikan di Indonesia dengan semboyannya yang tak asing lagi bagi dunia pendidikan yaitu Ingarso Sing Tulodo, Ing Madya Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani.

Upacara semakin syahdu dengan tampilnya siswa siswi MAN Padusunan sebagai korsit pada upacara ini. Selanjutkan acara diwarnai dengan pemberian hadiah kepada para pemenag lomb yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari pendidikan Nasional. (Rita)Mira

 

 

 

 

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW