Logo
Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri: RA Al Ikhlas Gunung Panggilun Hebat Bermartabat - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri: RA Al Ikhlas Gunung Panggilun Hebat Bermartabat

Voni Kurniawati Minggu 06, Mei 2018 | 07:11:54 wib

Padang, Inmas—Raudhatul Athfal Ikhlas (RA Ikhlas) Gunung Panggilun binaan Dharmawanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sumbar menggelar perpisahan dan wisuda iqra’ yang ke-34 dengan tema “Bapisah Bukannyo Bacarai” bertempat di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar pada Sabtu (05/05).

Antusiasme wali murid beserta murid-murid RA Ikhlas terlihat jelas pada pagi itu ketika masing-masing rombongan wali murid beserta wisudawan/wisudawati memadati Lobby Aula Amal Bhakti I dan mengantri dengan tertib untuk bisa berfoto dengan latar yang telah disediakan panitia acara.

Kegiatan perpisahan dan wisuda ini diisi dengan berbagai penampilan dari para wisudawan/wisudawati RA Ikhlas. Mulai dari pembacaan Al-Qur’an dan terjemahannya, tari tradisional, pidato, da’i cilik, tahfiz hingga tarian kreasi yang mengundang kekaguman para tamu undangan.

Disamping wali murid dan Kepala RA Ikhlas beserta staf pengajar, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Sumbar, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Kakan Kemenag Padang, Pengawas, Penyuluh Agama Kanwil Kemenag Sumbar dan para Pengurus DWP Kanwil Kemenag Sumbar.

Kakanwil Kemenag Sumbar beserta Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar menerima persembahan dari santri RA Ikhlas. (foto; voni)

Mewakili wali murid, Dio Ramondrana menyatakan bahwa bangga dengan diterimanya anak-anak mereka untuk bersekolah di RA Ikhlas dan menjadi bagian dari keluarga besar RA Ikhlas yang mana mempunyai reputasi bagus selama ini.

 “Banyak hal-hal positif yang saya temukan di lapangan mengenai RA Ikhlas ini. Salah satunya Prestasi. Sekolah ini melahirkan banyak murid yang berprestasi. Ditandai dengan selalu memperoleh Juara di setiap kegiatan atau lomba yang di adakan dan diikuti oleh RA Ikhlas ini,” ujar Dio.

Menurut Dio, hal-hal positif itu terjadi tidak terlepas dari tangan dingin Kepala RA Ikhlas, Gusnelawati beserta staf pengajar lainnya. “Kerjasama dan kekeluargaan yang bagus sangat kental terasa di sekolah ini. Dan yang terpenting semua staff pengajar di sekolah ini mempunyai kompetensi yang mumpuni di masing-masing bidang sehingga mereka saling melengkapi dibawah komando yang cakapnya luar biasa,” sambungnya.

Mengawali laporannya, Kepala RA Ikhlas Gusnelawati mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Sumbar, Kakan Kemenag Padang, Ketua DWP Kemenag Sumbar beserta Pengurus dan para tamu undangan yang telah turut ikhlas meringankan langkah, meluangkan waktu untuk menghadiri acara tersebut.

Laporan Kepala RA Ikhlas DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Gusnelawati, S.Pd.I. (foto, voni)

Dalam laporannya, Gusnelawati mengatakan bahwa jumlah wisudawan/wisudawati RA Ikhlas tahun ini sebanyak 170 orang. Ia juga mengatakan bahwa peserta didik ini telah mampu mengerjakan shalat 5 waktu, shalat sunat dhuha, menghafal ayat-ayat pendek, Do’a dan keahlian lainnya seperti yang telah ditunjukkan beberapa perwakilan wisudawan/wisudawati sebelumnya.

Pernyataan Gusnelawati senada dengan Dio dan bukanlah isapan jempol belaka karena prestasi terkini yang telah diraih RA Ikhlas yaitu Juara Umum Tingkat TK se-Kota Padang yang diadakan oleh Pondok Pesantren Ar Risalah Lubuk Minturun Padang.

Pada kesempatan itu, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Bahirni juga mengucapkan rasa sukur dan terimakasih atas apa yang telah disampaikan oleh perwakilan wali murid RA Ikhlas dan apa yang telah dilaporkan Kepala RA Ikhlas. Ia berpesan agar Kepala RA Ikhlas dan staff pengajar semakin meningkatkan kinerja dan inovasi agar tetap menjadi yang terbaik dalam tujuan mewujudkan RA yang hebat bermartabat.

“Pusaka keremat dari kabupaten inhil dibao jo kendaraan ka kulunprogo lalu disambut di bandara adi sucipto, subana hebat RA Al Ikhlas DWP Kanwil yang mengamalkan ajaran agamo, kami disambut bak rajo-rajo,” lantun Kakanwil Kemenag Sumbar saat mengawali sambutannya.

H. Hendri mengatakan bahwa apa yang disaksikannya dari penampilan anak-anak tadi sangat membuatnya takjub, bangga serta bahagia sekali yang juga menandakan RA Al Ikhlas DWP Kanwil mampu mendidik anak-anak yang hebat bermartabat.

Menurut Kakanwil, indikator hebat bermartabat sudah banyak terpenuhi oleh RA Al Ikhlas. Pertama terlihat dari tingginya animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di RA Al Ikhlas setiap tahunnya. Kedua, Kepala RA Ikhlas beserta staf pengajar telah membangun dan melakukan komunikasi yang komunikatif dengan wali murid sehingga orang tua bisa memberi masukan tentang perkembangan anaknya selama bersekolah.

Ketiga, pendidik dan pengurus DWP nya profesional sehingga terlahirlah generasi-generasi yang hebat bermartabat. Keempat, mampu mengembangkan kreasi dan inovasi. Terakhir, mampu membangun team yang solid.

Salah seorang wisudawan cilik RA Ikhlas menerima reward dari H. Hendri setelah menjawab pertanyaan yang diberikan. (foto; voni)

“Lima indikator inilah yang telah membuat RA Al Ikhlas menjadi hebat bermartabat maka terus dikembangkan, terus ditingkatkan, terus dijaga dan terus dipelihara agar RA ini bisa melahirkan anak-anak didik yang shaleh/shaleha baik saleh secara individual maupun secara sosial,” pesan Kakanwil.

Diakhir sambutannya, H. Hendri membagikan reward kepada beberapa wisudawan/wisduawati yang mampu menjawab pertannyannya. Hal ini mengundang perhatian penuh dari para wisudawan/wisudawati cilik yang hadir.

Acara ini di akhirii dengan di wisudanya 170 orang santri RA Al Ikhlas. Masing-masing wisudawan/ti dipanggil ke depan Aula untuk dikalungkan medali oleh Kepala RA Al Ikhlas dan diberikan sebuah Al-Qur’an oleh Ketua DWP Kanwil serta yang terpenting di gesernya umbul-umbul toga yang sedang dikenakannya oleh Kakanwil Kemenag Sumbar menandakan mereka sudah diwisuda. (Voni)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW