Logo
Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri: Mari Cintai Masjid Melalui Thaharah Masjid - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri: Mari Cintai Masjid Melalui Thaharah Masjid

Voni Kurniawati Minggu 13, Mei 2018 | 14:47:11 wib

Padang, Inmas—Menindaklanjuti hasil rapat Jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat pada Selasa (17/4) lalu tentang Gerakan Thaharah Masjid dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan maka seluruh ASN Kemenag Sumbar baik yang di Provinsi maupun Kabupaten/Kota melaksanakan kegiatan gotong royong bersama di Masjid, Mushalla dan Surau yang telah ditentukan. Kegiatan mulia ini dilakukan secara serentak se-Sumatera Barat pada Minggu (13/5) pagi.

Setelah menjajaki beberapa Masjid di Padang, Masjid Baitul Makmur Kec. Nanggalo Padang dianggap sangat representatif menjadi tempat pelaksanaan program Thaharah Masjid untuk ASN Kanwil Kemenag Sumbar.

Turut serta dalam kegiatan ini Kakanwil Kemenag Sumbar, Kabid Pakis sekaligus Plt. Kemenag Padang beserta jajarannya, Kabid Urais, Kabid Penaiszawa, Kasi dan Kasubbag serta staff di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sumbar, Ketua DWP Kemenag Sumbar beserta anggota dan pengurus serta pemuka masyarakat sekitar Masjid Baitul Makmur.

Kakanwil Kemenag Sumbar beserta beberapa Penyuluh Agama Kanwil membersihkan pekarangan di samping Masjid Baitul Makmur. (foto. Mira)

Gotong royong ini dimulai dengan membersihkan pekarangan dan lingkungan sekitar Masjid yang sudah ditumbuhi rerumputan dan sampah yang bertebaran. Kakanwil beserta jajarannya saling bahu membahu bersama pengurus Masjid dan masyarakat setempat membersihkan setiap jengkal pekarangan Masjid. Terlihat juga Ketua DWP Kanwil Kemenag beserta anggota DWP berbaur dengan peserta goro. Suasana gotong royong bertambah semarak dengan diiringi lantunan lagu-lagu religi yang diperdengarkan melalui sound Masjid.

Dihubungi disela-sela goro bersama Kakanwil, Plt. Kemenag Padang, H. Kardinal mengatakan bahwa jajaran Kemenag Padang juga telah menindaklanjuti hasil rapat tentang pelaksanaan program Gerakan Thaharah Masjid.

“Khusus untuk Thaharah Masjid telah ditetapkan 43 Masjid yang terbagi dalam 11 Kecamatan yang dikoordinatori KUA setempat, Kepala Madrasah dan Kepala Seksi. Masing-masing koordinator telah dibagi dan di SK kan untuk mengeksekusi kegiatan ini secara serentak hari ini,” tambah Kabid Pakis tersebut.

Program gebrakan menjelang Ramadhan ini disambut positif masyarakat sekitar Masjid dan pengurus. Dalam hal ini, pengurus, H. Hasan Basri sangat berterimakasih kepada Kakanwil Kemenag Sumbar beserta jajaran yang telah memilih Masjid Baitul Makmur sebagai tempat pelaksanaan kegiatan mulia ini.

“Alhamdulillah dan sangat bersyukur kehadirat Allah SWT telah kedatangan tamu terhormat dari Kemang Provinsi dan Padang di Masjid kami ini. Ini merupakan sejarah terbaru di negeri ini. Jarang-jarang pemuka/petinggi di negeri ini melakukan kegiatan seperti ini,” ungkap pengurus tangguh tersebut.

Hasan Basri berharap kedepannya mendapat perhatian khusus dari Kemenag dalam hal perbaikan fisik Masjid yang memang jauh dari sempurna.

Dalam arahannya, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri menyampaikan rasa terimakasih kepada pengurus yang telah memberikan lahan untuk beribadah. Terimakasih juga ia sampaikan kepada pegawai di lingkungan Kanwil dan Kemenag Padang yang telah berpartisipasi dalam gebrakan menjelang Ramadhan ini.

“Berkat kerjasama yang luar biasa ini telah membuahkan hasil yang luar biasa juga dimana bisa mengkondisikan Masjid menjadi rapi dan bersih dan siap menerima kedatangan tamu-tamu Allah SWT selama Ramadhan khususnya,” ungkap H. Hendri.

“Setuju dengan pernyataan pengurus bahwa Gerakan Thaharah Masjid serentak se-Sumatera Barat pada hari ini memang belum ada yang melakukan sebelumnya. Hal ini dilakukan hanya semata-mata karena Allah SWT dan kewajiban kita membangkitkan semangat mencintai Masjid,” tambah putra agam ini.

Penyerahan sumbangan Al-Qur'an oleh Kakanwil Kemenag Sumbar didampingi Kabid Penaiszawa dan Urais. (foto. Voni)

Menurut Kakanwil, kita bisa memperoleh beberapa manfaat dengan melaksanakan Thaharah Masjid ini. Pertama, menjalin silaturahmi dengan orang-orang hebat yang menyumbangkan hidupnya untuk memperhatikan dan mengurus masjid sehingga hal ini bisa membangkitkan rasa cinta kita juga kepada masjid.

Kedua, hal ini membuktikan bahwa kita butuh masyarakat dan begitu juga sebaliknya. Hubungan saling membutuhkan ini bisa dibingkai lagi ke arah yang lebih produktif dan positif. Ketiga, kita telah menjalankan fungsi kita sebagaimana seharusnya yaitu pelayan masyarakat. Keempat, dengan kegiatan ini sedikit banyaknya telah merobah pola kerja yang hanya duduk di kursi menjadi turun ke lapangan.

Kegiatan goro diakhiri dengan penyerahan bantuan dari Kanwil Kemenag Sumbar sebanyak 10 (sepuluh) sak semen dan sumbangan 1 (satu) kardus Al-Qur’an kepada pengurus Masjid Baitul Makmur. Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW