Logo
Dukung Gedung Baru Kantor Kemenag Sawahlunto, Warga Kolok Hibahkan Tanah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Dukung Gedung Baru Kantor Kemenag Sawahlunto, Warga Kolok Hibahkan Tanah

ZULFAHMI Selasa 15, Mei 2018 | 21:07:23 wib

Sawahlunto,Inmas--Salah seorang warga Kenagarian Kolok Kecamatan Barangin, H. Najamuddin menghibahkan sebidang tanah untuk keperluan kantor kepada Kementerian Agama Sawahlunto. Hibah semula hanya seluas  lebih kurang 500 meter persegi akhirnya berubah menjadi 700 meter persegi. Perubahan tersebut sengaja dilakukan oleh pemilik tanah agar Kementerian Agama Sawahlunto dapat mendirikan gedung baru. Selain itu, dirinya sangat berharap keputusan hibah ini dapat menjadi bekal amal ibadah baginya di akhirat kelak nanti.

Untuk diketahui, H.Najamuddin merupakan salah seorang guru mengaji yang cukup terkenal di Kenagarian Kolok. Adanya gedung baru Kantor Kemenag Sawahlunto di lokasi tanahnya itu, selain mendapat pahala, ia pun berharap hal itu dapat pula berdampak pada peningkatan ekonomi anak kemenakannya dimasa mendatang.

Tanah yang terletak tidak jauh dari Kantor Dinas Pekerjaan Umum maupun Kantor Pertanian itu langsung dilakukan pengukuran pada hari itu juga, Selasa (15/5) bersama Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sawahlunto dengan tim teknisnya dan disaksikan pula oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kolok, Dahler.

Terkait hal itu, Kakan Kemenag Sawahlunto, H.Marjanis didampingi Kepala seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H.Adrimas berkeinginan proses sertifikat tanah dapat selesai secepat mungkin.

Selanjutnya menurut Kakan Kemenag, jika usulan pembangunan gedung baru Kantor Kementerian Agama Sawahlunto yang ditempatkan di lokasi tanah hibah sekarang disetujui pihak atas maka ia berencana Kantor Kemenag sekarang akan difungsikan untuk Kantor Urusan Agama Kecamatan Barangin.

Disamping itu, Kakan Kemenag Sawahlunto mengucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat terutama pemilik tanah atas dukungannya sekaligus telah berkenan dengan penuh keikhlasan menghibahkan sebidang tanah guna keperluan Kantor Kemenag.

Sekedar diingatkan, sebelumnya Kemenag mendapat hibah sebidang tanah dari Pemerintah Daerah Sawahlunto seluas 1,2 Hektar di Kawasan objek wisata Kandih, bahkan hibah tersebut diserahkan langsung kepada Menteri Agama RI di rumah dinas Walikota setempat sesaat menjelang pembukaan secara resmi MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat di Sawahlunto oleh Menag belum lama ini. Mengingat tanah terkait tidak memiliki sertifikat disebabkan masih dikuasai PTBA UPO akhirnya pembangunan gedung baru Kemenag Sawahlunto tidak dapat direalisasi hingga sekarang. (f@hmi/voni)

 

 

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW