Logo
Persiapan MAN 1 Padang Dalam Melaksanakan Pembelajaran Ramadhan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Persiapan MAN 1 Padang Dalam Melaksanakan Pembelajaran Ramadhan

ALMUS JUNAIDI Rabu 23, Mei 2018 | 16:09:27 wib

Padang, Inmas--Dalam rangka mengisi waktu luang, selesai Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018, MAN 1 Padang merencanakan melaksanakan kegiatan yang disebut dengan Kegiatan Pembelajaran Ramadhan. Kegiatan tersebut direncanakan dilaksanakan tanggal 31 Mei s/d 9 Juni 2018.

Untuk menyukseskan Program yang juga menjadi Program yang sangat dianjurkan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat tersebut, maka dilakukan rapat sebagai persiapan awal dengan membentuk Panitia Pelaksana yang dipimpin langsung Kepala Madrasah Marliza, Rabu (23/5).

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Yasni Marlis serta tenaga pendidik yang tergabung dalam kelompok Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab.

Kepala Madrasah dalam arahannya menyamapikan bahwa kegiatan mengisi bulan Ramadhan seusai pelaksanaan PAS Genap merupakan program yang sangat dianjurkan Kakanwil Kemenag Sumbar. Dalam kegiatan tersebut menurut Marliza siswa mendapatkan pembelajaran yang lebih dari materi yang ada terutama hal-hal yang menyangkut pelaksanaan ibadahnya.

“Masih banyak para siswa kita yang perlu mendapatkan bimbingan secara praktis dalam melaksanakan kegiatan ibadah mereka. Sehingga keterampilan itu dapat memberikan perbaikan ibadah mereka secara individu dan suatu saat nanti mereka juga membagi pengalaman yang diperoleh kepada orang lain,” ucap Marliza.

Lebih lanjut Kepala Madrasah menyatakan bahwa siswa akan mendapatkan nilai plus selama mengikuti kegiatan Pembelajaran Ramadhan tersebut. Disamping dapat menambah dan memperbaiki cara ibadahnya, para siswa dapat juga berkonsultasi dengan para guru mata pelajaran menyangkut penilaian hasil belajarnya. Kemudian para siswa juga dapat mengisi hari-hari Ramadhan mereka dengan kegiatan yang bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Yasni Marlis kepada tim Humas seusai rapat tersebut menyatakan bahwa Program pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Ramadhan tersebut terdiri dari Program Daurah Tahfidz, yang akan diikuti oleh siswa yang berminat dalam mendalami ayat-ayat suci Al Qur’an.

Sementara siswa lainnya mengikuti Program peningkatan ibadah dengan materinya antara lain tentang Thaharah dan Berwudhuk, Shalat Wajib, Zikir dan do’a.

“Kita berharap siswa kita selama bulan Ramadahan, dan apalagi pada akhir-akhir Ramadhan makin meningkat nilai ibadah puasanya serta memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya dengan program Pembelajaran Ramadhan ini,” tutup Yasni Marlis. (AJ)Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW