Logo
Pekan Tilawatil Qur'an Resmi Dibuka Anggota DPD RI - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Pekan Tilawatil Qur'an Resmi Dibuka Anggota DPD RI

Voni Kurniawati Rabu 23, Mei 2018 | 16:31:01 wib

Padang, Inmas—Penandatanganan MOU antara LPP RRI Padang dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat beberapa waktu lalu melahirkan berbagai kegiatan dalam menyemarakkan bulan Ramadhan 1439 H, salah satunya Pekan Tilawah Qur’an (PTQ) Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diadakan di Aula Amal Bakti I Kanwil Kemenag Sumbar selama 2 (dua) hari, Senin–Selasa (21-22/05).

Pembukaan PTQ, Senin (21/05) dihadiri berbagai undangan dan peserta lomba sendiri. Tampak hadir dalam acara tersebut Kakanwil Kemenag Sumbar, Ketua LPTQ Sumbar, Kepala LPP RRI Padang beserta jajaran, Kepala LPP TVRI beserta jajaran, Dekan Fakultas Hukum UNITAS, Plt. Kakan Kemenag Padang, Kasi Bimas Islam, Ketua FKPAI Sumbar, Kepala KUA, Penyuluh Fungsional dan Non PNS di lingkungan Kemenag Padang, dan beberapa Kepala Madrasah. Acara terasa semakin semarak dengan kedatangan tamu kehormatan yaitu Anggota DPD RI, Hj. Emma Yohanna yang mana diagendakan membuka secara resmi acara PTQ tersebut.

Pekan Tilawah Qur’an merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh LPP RRI Padang yang mana pada tahun ini memutuskan bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Sumbar melalui Penyuluh Agama Islam Kanwil yang tergabung dalam FKPAI Sumbar dan Kasi MTQ. PTQ yang ke-49 ini melombakan 3 (tiga) cabang kompetensi yaitu; cabang tilawah, cabang tausiyah dan cabang hafidz.

Dalam laporannya, Ketua Panitia PTQ yang juga Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sumbar, Parlaungan Siregar mengatakan bahwa peserta PTQ berjumlah 88 orang dimana 59 orang mengikuti cabang tilawah, 12 orang peserta cabang hafidz dan 17 orang peserta cabang tausiyah.

“Dana kegiatan ini selain bersumber dari LPP RRI juga dikumpulkan dari donatur yang tidak mengikat. Dengan kata lain, kegiatan ini merupakan kegiatan partisipasi masyarakat yang mensinkronkan program RRI dengan agenda Gerakan Ramadhan Kanwil Kemenag Sumbar,” tambah Parlaungan.

Pada kesempatan berbeda, Kepala LPP RRI Padang, Hendriman Butar-Butar menyampaikan rasa terimakasihnya atas kegiatan dan kerjasama yang terjalin dengan baik. Ia berharap kegiatan ini akan terus terlaksana setiap tahunnya dan terjalin kerjasama yang lebih baik lagi.

“Pemenang di ajang PTQ ini akan kami kirim sebagai utusan Sumatera Barat untuk berlaga di tingkat nasional yang akan di adakan di Madura pada akhir minggu ini,” tambah Hendriman.

Senada dengan Hendriman, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerjasama yang luar biasa tersebut. Selain mengadakan kegiatan PTQ, RRI juga membuka ruang kepada Kakanwil dan jajaran untuk mengisi program tadarus selama bulan Ramadhan yang disiarkan secara langsung mulai 22.00 – 00.00 WIB.

Kegiatan PTQ ini diresmikan langsung oleh tamu kehormatan dari Senayan, Hj. Emma Yohanna. Pada kesempatan itu, Hj. Emma menyampaikan rasa kagumnya atas sinergitas yang terjalin antara Kementerian Agama dengan lembaga-lembaga penyiaran visual dan audio tersebut. Menurut anggota DPD RI ini, merupakan suatu ketepatan bahwasanya Kementerian Agama melakukan Syi’ar melalui corong media elektronik.

Selain membuka secara resmi, Hj. Emma juga menyumbangkan sejumlah uang kepada panitia penyelenggara PTQ agar bisa memperlancar kegiatan mulia tersebut. Hal ini disambut dengan gembira berbagai pihak yang hadir saat itu.

Acara ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin salah seorang Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sumbar, H. Indra Hadi. voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW