Logo
Silahturahim, Qatam Al-quran dan Buka Bersama Anak Yatim di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Silahturahim, Qatam Al-quran dan Buka Bersama Anak Yatim di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar

Minggu 10, Juni 2018 | 11:51:28 wib

Padang (Inmas)--Berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan, Kanwil Kemenag Sumbar menggelar Silahtirahmi buka puasa bersama seluruh ASN serta sesepuh Kemenag yang tergabung dalam Persaudraan Pensiunan Kementerian Agama (PPKA). Kegiatan buka puasa bersama itu diadakan di Aula Amal Bhakti I Kantor ini pada hari Jumat, 8 Juni 2018. Kegiatan ini juga dihadiri Inspektur Kementerian Agama Wilayah II Maman Syaifullah, serta seluruh Kakankemenag se-Sumatera Barat serta beberapa undangan dari Kemenkumham serta LKPP RRI Padang LKPP TVRI Sumbar serta Organisasi Masyarakat, serta diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Asasriwarni, MA.

 

Kegiatan Ramadhan berupa buka puasa bersama anak yatim piatu ini sudah menjadi tradisi Kanwil Kemenag Sumbar tiap tahun. Menurut Ketua Panitia Kardinal, kegiatan kali ini diadakan untuk anak-anak yatim di lingkungan Kanwil sendiri. “Dalam acara buka puasa kali ini,  diserahkan bingkisan Ramadhan kepada para anak yatim piatu berupa amplop berisi uang tunai”, jelas Kardinal.
 
Menurut Kardinal lagi, selain silahturahim dan buka puasa bersama, kegiatan kali ini juga sekaligus Khatam Al-Quran atas tadarus yang telah diadakan di lingkungan Kanwil baik secara IT ataupun tadarus konvensional yang dilaksanakan langsung di Mushalla Kantor ini setiap pagi Ramadhan sebelum memulai kegiatan harian sebagai ASN.

 

Jumlah anak yatim yang diberikan santunan pada kesempatan ini berjumlah 88 orang, dimana dana tersebut murni terkumpul dari sumbangan ASN Kanwil Kemenag Sumbar, jelas Kardinal yang juga Kabid Pakis ini.

 

Dalam sambutannya selaku sesepuh, Buya H. Bagindo M. Letter menyampaikan harapannya “ Semoga dengan buka bersama ini membangkitkan rasa saling berkasih sayang dan kebersamaan diantara kita, serta menyatukan hati kita semua”.

 

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pengumuman dan penyerahan sertfikat serta bingkisan atas prestasi yang telah diraih oleh ASN dan Kantor Kemenag serta mitra kerja Kanwil dalam menyukseskan Gerakan Kanwil Kemenag Bertadarus (KKB) sebagai program unggulan selama Ramadhan Tahun 1439 H ini dengan targer 3000 qatam.

 

Dimana Kategori Perorangan Terbaik dalam kegiatan KKB diraih oleh Bapak H. Irwan Prayitno, Terbaik II, Hj. Nurjamiah Asfa MAnik, serta Terbaik III adalah Yohanis Suhaimi.

Untuk Kategori Kantor Tergiat diraih oleh Kakankemenag Kota Payakumbuh, Kakankemenag Kota Pariaman dan LKPP RRI Padang. Sementara untuk Kategoti Dharma Wanita diraih oleh Ny. Yeni Abrar Munanda, Ny.Deswita Syamsul Arifin dan Ny. Amel Burhanuddin Khatib.

 

Dalam Sambutannya Kakanwil menyampaikan Semoga Kegiatan Silahturahim, Buka Puasa dan qatam Al-quran ini menyempurnakan amalan Ramadhan 1439 H.

 

Program Kanwil sebelum Ramadhan adalah Gerakan Thaharah Mesjid yang telah dilakukan pada Minggu 13 Mei 2018. Adapun Program unggulan Kanwil selama Ramadhan adalah 5 Sukses, yakni Sukses Shaum, Sukses Tharawih dan Witir, Sukses Tilawah Quran, yakni dengan Gerakan Kanwil Kemenag Bertadarus dengan dua cara yakni secara konvensional dilaksanakan pukul 8 sampai pukul 9 WIB setiap hari selama Ramdhan seta yang kedua melalui IT melalui grup Whatsapp, dengan target 3000 qatam, walau sebenarnya bisa melebihi 3000 qatam tapi karena perdana maka ditargetkan saja 3000 qatam dulu ujar Kakanwil.

 

Adapun sukses ke empat adalah sukses solidaritas, yakni dengan menyantuni anak yatim dan pengumpulan zakat fitrah, sementara sukses kelima adalah sukses imarah mesjid. Ujar Hendri yang diakhiri dengan pantun. (Mira)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW