Logo
Bersufaha, Manasik Perdana Pasca Lebaran Berlangsung Penuh Kekeluargaan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Bersufaha, Manasik Perdana Pasca Lebaran Berlangsung Penuh Kekeluargaan

payakumbuh Kamis 21, Juni 2018 | 15:02:26 wib

Payakumbuh,Inmas -- Calon jemaah haji Kota Payakumbuh antusias ikuti manasik perdana pasca lebaran. Para jemaah saling berangkulan dan bermaafaan antara satu dengan lainnya.

"Lah lamo ndak basuo, kamaa sajo poi ba rayo?. Maaf lahia bathin yo. Ndak taraso, sabonta bana raso e hari ko, lah tibo lo kito di bulan Sawal, ndak lamo tibo lo Zulhijjah lai ( sudah lama tidak berjumpa, kemana saja lebarannya?, maaf lahir bathin. Tidak terasa, begitu singkat waktu, kita sudah di bulan Shawal. Tidak lama lagi hadir pula bulan Zulhijjah-red)," itulah bahasa yang banyak kami simak.

Manasik perdana yang dipusatkan di aula serbaguna Kankemenag Kota Payakumbuh pada Kamis (21/06/2018) tampak dihadiri 295 orang dan dibuka Kepala Kankemenag diwakili Kasi PHU, H. Jufrimal bersama koordinator manasik mandiri, H. Zuldaswar.

"Mewakili lembaga, selamat Idul Fitri mohon maaf lahir bathin. Selamat datang kembali untuk menerima materi pembekalan berhaji. Pasca lebaran ini kita akan giatkan manasik di kecamatan selama 8 kali dan 2 kali di Kankemenag. Untuk manasik kecamatan kita mulai tanggal 28 Juni hingga 6 Juli 2018. Kami harapkan kehadiran maksimal," Jufrimal awali sambutannya.

"Yang terpenting dalam waktu dekat yang mesti dijalani cjh adalah imunisasi Minginitis yang akan dilaksanakan tanggal 26-27 Juni 2018 dipusatkan di Puskesmas Payolansek," imbuhnya.

Dilanjutkannya, “alhamdulillah karu dan karom kita sudah terbentuk, yakni 7 rombongan dengan 26 regu lengkap. Regu ke 27 baru terisi 2 orang. Apakah nanti ada penambahan kuota ?, itu adalah keputusan Kakanwil. Yang pasti tugas kita laksanakan manasik secara optimal penuh keseriusan."

Koordinator manasik mandiri, Zuldaswar menerangkan bahwa ada beberapa cjh yang tidak hadir manasik.

"Kita sudah umumkan di WAG cjh 2018, terkait manasik ini. Mungkin saja masih ada sebagian cjh yang masih berlebaran dengan keluarganya. Sebagian cjh yang berprofesi ASN ada yang minta izin untuk pergi silaturahim sesama ASN. Kami juga telah umumkan bahwa manasik mandiri akan kembali kita gelar pada Sabtu dan Minggu yang dipusatkan di Mesjid Jihad kelurahan Padang Datar," simpul Zuldaswar. Ul/Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW