Logo
H. Hendri : Saran dan Kritik untuk Introspeksi Diri - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

H. Hendri : Saran dan Kritik untuk Introspeksi Diri

Rhama Eka Putra Senin 25, Juni 2018 | 14:34:01 wib

Padang, (Inmas) – Sejak pertama kali dipopulerkan K.H. Badul Wahab Khasbullah pada tahun 1948, Halal Bihalal menjadi tradisi rutin yang dilaksanakan sebagian masyarakat umum dan instansi usai pelaksanaan Idul Fitri. Begitu juga dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat. Hari ini, Senin (25/6) mengudang seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Provisi Sumatera Barat beserta istri dan seluruh satf dan pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Halal Bihalal digelar di aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar.

Dalam laporannya, Ketua Panitia H. Kardinal N menyampaikan kepada seluruh peserta Halal Bihalal bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah sesama Muslim dan juga dengan penganut agama lain. Selain itu Kabid Pakis Kemenag Sumbar ini menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh ASN Kemenag Sumbar yang ikut menyukseskan seluruh rangkain kegiatan Kanwil Kemenag Sumbar selama bulan suci Ramadhan dan Syawal 1439 H. "Semoga apa yang telah kita laksanakan, menjadi amal jariyah dan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda disisi-Nya, aamiin" tutup H. Kardinal N.

Selepas laporan panitia, acara dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan kepada ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar yang aktif dalam pelaksanaan Kemenag Bertadarus yang dilaksanakan di Masjid Mamba'ul Ikhlas selama Ramadhan. Setelah dilakukan penilaian dan dengan berbagai indikator penilaian, H. Kardinal N berhasil meraih peringkat III, Elfida Trisna dari Bidang Urais Binsyar meraih peringkat II dan Aisyah dari Subbag Ortapeg meraih peringkat I. Ka. Kanwil H. Hendri didampingi Kabag TU H. Idris Nazar langsung menyerahkan penghargaan tersebut.

H. Hendri dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh ASN Kemenag Sumbar atas partisipasinya dalam program Kanwil selama Ramadhan. Kegiatan Thaharah Masjid, Kemenag Bertadarus, Safari Ramadhan, Nuzulul Qur'an, Khatam Al-Qur'an, Berbuka Bersama, Shalat Ied dan Open House serta Halal Bihalal dapat terlaksana dengan sukses dan lancar berkat kebersamaan kita semua.

H. Hendri juga menyambut baik atas suksesnya pelaksanaan 3000 Khatam al Qur’an selama bulan Ramadhan yang menjadi program unggulan Kanwil Kemenag Sumbar. 3000 Khatam ini dilaksanakan oleh seluruh pejabat dan staf di jajaran Kanwil Kemenag Sumbar. Instansi lain seperti Radio Republik Indonesia (RRI), Pemprov Sumbar, Badan Wilayah Sungai (BWS), mahasiswa dan civitas akademika Universitas Taman Siswa dan Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu al Qur’an (STAI PIQ) Sumatera Barat. “Pelaksanaan tadarus tahun ini dilaksanakan melalui konvensional, siaran langsung melalui radio dan dengan melalui IT dengan media sosial secara terpadu di seluruh Sumatera Barat. Alhamdulillah semuanya bisa terlaksana dengan baik sesuai apa yang kita cita-citakan”, ungkap Hendri.

Hendri menyampaikan, ada 5 manfaat terlaksananya halal bihalal yaitu Saling memahami dan memaafkan, menyatukan hati dan rasa, menjalin persatuan antar sesama, penerapan nilai – nilai Ramadhan dan menggelorakan semangat perubahan.

Untuk itu kembali H. Hendri mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir untuk meningkatkan kebersamaan, hilangkan ego masing-masing, saran dan kritik membangun sangat dibutuhkan dalam rangka instrospeksi diri.

Dalam tausiyahnya, H. Helmi menyampaikan kepada seluruh peserta tentang 5 (lima) hal dasar yang dibutuhkan manusia dalam kehidupannya. Pertama adalah Pangan Sandang Papan, yang kedua adalah rasa Aman, yang ketiga adalah rasa memiliki dan dicintai, yang keempat ingin dihargai dan yang terakhir adalah aktualisasi diri. Untuk dapat memenuhi keseluruh kebutuhan tersebut, manusia tidak dapat hidup sendiri. Rasa saling memahami dan komunikasi dengan sesama merupakan langkah dalam menggapai hal tersebut.

Untuk itu, Helmi mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir untuk selalu meningkatkan kualitas Hablumminallah (hubungan dengan Allah) dan Hablumminannas (hubungan sesame manusia. Meningkatkan kualitas Hablumminallah dengan menjaga dan meningkatkan kualitas ibadah yang sudah terlatih selama bulan suci Ramadhan. “Sedangkan meningkatkan kualitas Hablumminannas adalah diantaranya dengan saling silaturrahim dan saling maaf memafkan seperti yang sedang kita laksanakan pada hari ini”, ungkap Helmi.  (rhama&Ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW