Logo
Ramza Husmen Lantik 13 Orang Penghulu Fungsional - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Ramza Husmen Lantik 13 Orang Penghulu Fungsional

Alfhia Parma Jumat 29, Juni 2018 | 08:53:29 wib

Sarilamak (Inmas)--Merujuk pada Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2005 yang menjelaskan bahwa Penghulu merupakan Pegawai Negeri Sipil sebagai pencatat nikah yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh Mentri Agama atau pejabat yang ditunjuk sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melakukan pengawasan nikah/rujuk menurut Agama Islam dan kegiatan kepenghuluan. Hal tersebut ditegasakan H. Ramza Husmen Kakan Kemeng Lima Puluh Kota (28/06) disaat memberikan arahan pada pelatikan ASN dalam Jabatan Fungsional Penghulu yang bertempat di Alua Kemenag Lima Puluh Kota.

Dijelaskan juga bahwa keluarnya Permenpan RB Nomor 26 Tahun 2016 Tentang Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/Inpassing yang diperkuat PMA Nomor 34 Tahun 2016 dengan tegas menyatakan bahwa jabatan Kepala KUA bukan lagi jabatan struktural. Kepala KUA merupakan tugas tambahan yang diberikan kepada penghulu fungsional, hal ini menurut Ramza merupakan bagian dari reformasi birokrasi menuju ASN yang profesional, jelas alumni Tarbiyah YATI Kamang ini.

Menyikapi berbagai perubahan aturan tersebut Kementerian Agama khususnya Kemenag Lima Puluh Kota secara berjejang telah melakukan proses pengakatan penghulu melalui jalur Inpassing sesuai denagan amanat Permenpan RB tersebut jelas Ramza. “Hari ini saya mengambil sumpah 13 orang ASN dalam Jabtan Fungsional Penghulu Muda. Harapan saya pengakatan saudara dalam jabatan fungsional penghulu dapat memberikan semanagat baru dalam pengabdian,” harapnya.

Mendalam Ramza menyampaiakan, “Dengan pengakatan ASN dalam jabatan fungsional penghulu tentu akan ada penyesuain terhadap kesejahteran ASN tersebut, oleh sebab itu mari kita syukuri dengan cara memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Perlu saya tegaskan kembali penghulu merupakan pioner terdepan Kementerian Agama yang setiap saat bersentuhan dengan umat, mari kita tingkatkan kualitas pengabdian kita.”

Terakhir atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya sampaiakan ucapan selamat kepada semua yang dilantik hari ini, mudah-mudahan kedepannya lembaga Kemenaterian Agama semakin berkualitas dalam memberikan layanan kepada umat, pungkas Ramza.

Sebelumnya, Ifkar Kasubag TU Kemenag Lima Puluh Kota dihadapan media masa menjelaskan, bahwa 13 orang ASN yang diangkat dalam jabatan fungsional hari ini merupakan hasil dari proses inspassing yang telah dilakukan beberpa bulan yang lalu. Kandidat Doktor UIN Imam Bonjol ini juga menyampaikan, dari 13 orang yang dilantik 12 orang merupakan Kepala KUA yang ada dijajaran Kemenag Lima Puluh Kota. (APP)Voni

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW