Logo
Kakanwil Kemenag Beri manasik Pada CJH Kab. Solok - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kakanwil Kemenag Beri manasik Pada CJH Kab. Solok

kabupaten solok Senin 02, Juli 2018 | 16:38:07 wib

Koto Baru (Inmas)--Sebanyak 172 orang Jamaah caloh Haji Kabupaten Solok yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini megikuti manasik haji yang diberikan oleh Kakanwil Kemenag Sumbar hari ini Senin (2/7) di aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kab. Solok.


H. Alizar yang menyampaikan laporan sebelum materi kakanwil menyampaikan bahwa Calon Jamaah Haji Kab. Solok tergabung dalam Kloter Lima embarkasi Padang berjumlah 172 orang yang terdiri dari 101 orang wanita dan 71 orang wanita.  Jamaah Calon Haji Termuda atas nama Muhammad Ilham Azizul Haq usia 19 tahun alamat di jorong pakan Sabtu Panykalan. Sedangkan yang tertua Syamsidar nain Ulak alamat jorong Lubuk Agung nagari Koto Baru. Satu orang TPHD dari Kabupaten Solok yaki Yulfadri Nurdin yang juga Wakil Bupati Solok.


Meneruskan laporannya, JCH Kab. Solok nantinya akan bergabung dengan JCH kota Solok, kota Sawahlunto dan kota Padang. Dijadwalkan masuk asrama pada Jumat 20 Juli 2018 dan berangkat menuju Madinah pada Sabtu 21 Juli 2018. Sampai kembali ditanah air nantinya pada 1 September 2018.
Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri mengawali materinya dengan menyampaikan perintah Allah melaksanakan dalam surat Ali Imran ayat 96-97 yang dilanjutkan dengan surat Al Hajj ayat 27-32 yang kesimpulannya Kewajiban ibadah haji merupakan kewajiban yang mutlak bagi setiap umat Islam yang telah mampu, baik itu dari segi harta, kesehatan, dan kesiapan mental.


Lebih lanjut H. Hendri memaparkan regulasi pelaksanaan ibadah haji mulai dari Undang_undang nomor 13 tahun 2008 sampai Keputusan Dirjen Penyelenggara haji dan Umrah no 116 tahun 2018. Untuk 2018 ini Kementerian Agama berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah dan setiap tahunnya selalu ada peningkatan berdasarkan survey kepuasan jamaah.


Peningkatan pelayanan ini telah dimulai semenjak pelunasan hingga pemeberangkatan. Menyangkut fasilitas yang didapat jamaah hingga keberangkatan. Begitu jugaa saat jamaah telah berada di Arab Saudi nanti. Selain akomodasi, peningkatan pelayanan juga dilakukan pada konsumsi hingga transportasi.
Kepada Jamaah diminta untuk mematuhi semua aturan yang ditetapkan dengan terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan petugas baik itu petugas Kloter maupun petugas Daker di Arab Saudi nantinya.


"Yang terpenting adalah menymepurnakan niat dan mengikhlaskan diri untuk beribadah karena Allah Ta'ala. Selaku Penyelenggara Haji, Kementerian Agama berupaya memberikan yang terbaik untuk jamaah". Tegas H. Hendri.


Menutup materinya tak H. Hendri mengajak jamaah untuk terus mempersiapkan diri, terutama fisik agar kuat menjalankan semua rangkaian ibadah di tanah suci nanti. Sejalan dengan itu permantap juga semua materi yang telah dipelajari dalam manasik agar kenikmatan ibadah makin terasa. Fendi |Mira

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW